Konser Amal Bpip Tuai Kritik Tajam, Bambang Soesatyo Minta Maaf

Konser Amal BPIP Tuai Kritik Tajam, Bambang Soesatyo Minta Maaf

Konser amal BPIP
Konser amal BPIP | twitter.com

Konser amal BPIP dinilai tidak mematuhi himbauan social distancing.

Konser penggalangan dana yang digelar oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) mendapatkan kritik keras dari publik. Pasalnya, konser tersebut tidak mematuhi hukum social distancing di masa pandemi Covid-19. Menanggapi kritik masyarakat, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, memberikan usul maaf.

1.

Permintaan maaf Bamsoet atas gelaran konser BPIP

Konser amal BPIP
Konser amal BPIP | bizlaw.id

Bambang Soesatyo menyampaikan foto bersama sesudah konser BPIP yang beredar di media umum dilakukannya secara spontan. Menurut Bamsoet, seluruh pihak yang terlibat dalam konser BPIP dikala itu merasa sangat besar hati alasannya yaitu konser berhasil digelar.

“Saya mohon maaf. Itu semua salah saya yang tidak sanggup menolak usul impulsif teman-teman kru TV untuk berfoto bersama dengan saya dan musisi senior Sam dan Acil Bimbo,” ujar Bamsoet, dikutip dari CNN Indonesia.

Bamsoet mengungkap seluruh pihak yang dilibatkan dalam konser BPIP ini tidak menduga bahwa konser amal tersebut sukses digelar. Pasalnya, Bamsoet menyebut persiapan konser BPIP hanya dilakukan beberapa minggu.

Tak hanya itu, Bamsoet juga menjelaskan seluruh tokoh seniman nasional yang tampil di konser BPIP tidak mendapatkan bayaran sepeser pun dan mereka turut terlibat dalam konser BPIP demi solidaritas kemanusiaan.

2.

Bamsoet sebut dirinya patut disalahkan

Konser amal BPIP
Bambang Soesatyo | www.golkarpedia.com

Bamsoet mengatakan, semua orang yang terlibat dalam konser BPIP semenjak awal sudah berusaha untuk selalu menerapkan social distancing. Namun di simpulan konser, mereka terlalu besar hati sampai lupa untuk menerapkan social distancing dikala foto bersama.

“Jadi, bila ada yang perlu disalahkan dari program maupun dari foto yang seakan-akan mengabaikan protokol kesehatan, sayalah orangnya. Bukan yang lain” tegas Bamsoet.

Adapun MPR RI dan BPIP bekerja sama menggelar konser penggalangan dana bagi korban terdampak wabah virus corona ini pada Minggu, 17 Mei 2020, malam. Konser tersebut menuai kritik alasannya yaitu dinilai tidak sensi

3.

Kritik tajam dari publik

Konser amal BPIP
Bambang Soesatyo | nasional.kompas.com

Setelah konser BPIP digelar, kritik publik pun semakin lancar. Foto-foto yang memberikan pihak-pihak terlibat di konser BPIP menuai protes dan cibiran dari masyarakat alasannya yaitu tidak menerapkan hukum social distancing maupun menggunakan masker.

Tagar #StopKonserUnfaedah pun sempat menjadi trending topic di media umum Twitter dengan total cuitan lebih dari 24 ribu tweet. Sebagian besar cuitan yang menggunakan tagar tersebut turut menyuarakan protes atas gelaran konser BPIP ini.

Adapun foto tersebut awalnya diunggah oleh Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP, Benny Susetyo. Dalam foto itu, tampak Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo; Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo; Kepala BPIP, Yudian Wahyudi; pedangdut Iis Dahlia, para personel Bimbo, dan lain-lain.

Artikel Lainnya

Konser BPIP sempat dibuka meluai video oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutan tersebut, Jokowi menyampaikan biar masyarakat selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta kepedulian terhadap sesama untuk saling membantu di masa pandemi ini