Korbankan Lansia Dan Imigran, Begini Taktik Herd Immunity Yang Dilakukan Swedia

Korbankan Lansia dan Imigran, Begini Strategi Herd Immunity yang Dilakukan Swedia

Swedia
Wabah virus corona di Swedia | www.forbes.com

Herd immunity jadi cara Swedia tangani virus corona.

Herd immunity atau kekebalan populasi mulai menjadi opsi sejumlah negara dalam menghadapi pandemi Covid-19, salah satunya ialah Swedia. Meski mendapat pujian, Swedia pun tak luput dari kritik atas strategis penanganan virus corona yang mereka lakukan. Bisakah herd immunity juga diterapkan di negara-negara lain?

1.

Herd immunity di bulan Juni

Swedia
Wabah virus corona di Swedia | www.aljazeera.com

Secara resmi, pihak berwenang Swedia memang belum menyatakan tujuan untuk mencapai herd immunity. Namun meningkatkan kekebalan sudah menjadi bab dari cara pemerintah semoga perekoniman masih bisa berjalan dengan membuka kembali bisnis-bisnis besar, restoran, dan sekolah.

Anders Tegnell, Kepala Ahli Epidemologi di Badan Kesehatan Masyarakat Swedia, sudah memproyeksikan bahwa Kota Stockholm sudah mencapai herd immunity pada awal bulan Mei ini.

Menurut Tom Britton, hebat matematika di Universitas Stockholm, herd immunity yang mencapai 40 persen di ibukota bisa memutus penyebaran virus di wilayah-wilayah sekitarnya.

2.

Lansia dan imigran menjadi korban

Swedia
Wabah virus corona di Swedia | www.dw.com

Cara Swedia melawan virus corona mendapat kebanggaan alasannya ialah bisa menjaga tingkat ajal per kapita lebih rendah kalau dibandingkan dengan Italia, Perancis, Belanda, Spanyol, Inggris, dan Belgia.

Di sisi lain, kebijakan ini juga menuai kritik alasannya ialah tingkat ajal per kapitanya lebih tinggi dari negara-negara Nordik lain. Khususnya, Swedia dinilai gagal melindungi lansia dan imigran dalam upayanya menangani virus corona.

Lansia yang mendapat perawatan mencapai lebih dari 50 persen dari ajal perkara Covid-19 di Swedia, sebagaimana yang diungkap oleh Tegnell. Imigran juga menderita alasannya ialah mereka lebih miskin dan sebagian besar bekerja di sektor jasa.

Upaya untuk herd immunity bisa jadi gagal kalau diterapkan banyak negara dan sebagian besar penduduk pada akibatnya akan terinfeksi virus corona. Ketika sebagian besar negara mengalami gelombang kedua, Swedia diprediksi akan menghadapi pandemi yang lebih buruk.

3.

Bisakah cara Swedia ditiru negara lain?

Swedia
Wabah virus corona di Swedia | www.dw.com

Saat ini banyak negara yang mencoba menjiplak cara Swedia menangani virus corona. Seperti Denmark dan Finlandia yang kembali membuka sekolah atau Jerman yang sudah mengizinkan toko-toko kecil untuk beroperasi.

Italia pun akan segera membuka kembali taman. Sementara Perancis sudah berencana akan segera membuka kembali beberapa bisnis penting, museum, serta sekolah. Bahkan, Amerika Serikat yang masih mengalami kondisi jelek jawaban pandemi pun mulai melonggarkan pembatasan.

Herd immunity dinilai sebagai cara yang memungkinkan populasi untuk membangun kekebalan yang pada akibatnya akan menjadi cara paling ekstrem untuk melawan virus corona dalam jangka waktu panjang.

Artikel Lainnya

Strategi yang dipakai Swedia dalam menangani Covid-19 mencerminkan budaya khas Swedia dan aspek-aspeknya tentu tidak gampang ditiru oleh negara-negara lain. Swedia merupakan negara yang mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi, tidak hanya antar sesama warga tetapi juga terhadap pemerintahnya.

Penduduk Swedia pun umumnya mempunyai kesehatan yang lebih baik kalau dibandingkan dengan penduduk negara lain. Jadi, negara-negara lain masih butuh tindakan pencegahan perhiasan untuk dukungan ekstra bagi penduduknya.