Milenial Harus Tahu, Ini 4 Tips Mencegah Gosip Hoax!

Milenial Harus Tahu, Ini 4 Tips Mencegah Berita Hoax!

Tips Bijak Mencegah Hoax
Tips Bijak Mencegah Hoax | keepo.me

Jadi antihoax club yuk!

Berita hoax sering kita temukan akhir-akhir ini, terutama di media elektronik. Banyak isu hoax yang bermunculan dan sering banget bikin heboh, mulai dari hoax rush money, hoax gambar palu arit yang ada di uang rupiah cetakan baru, hoax pengeroyokan politisi, sampai hoax gempa bumi yang meresahkan masyarakat. Wah, pokoknya, isu hoax itu parah deh. Kesalnya lagi, berita-berita ini gampang menyebar dengan adanya media sosia. Tambah geregetan, kan?

Makanya, sebagai netizen yang baik, kira-kira apa yang harus kita lakukan untuk menyikapi suatu pemberitaan? Yuk cari tau ulasannya di bawah ini!

1.

Antisipasi judul isu yang provokatif

Tips Bijak Mencegah Hoax
Cek judul isu | keepo.me

Seringnya, isu hoax itu bersifat provokatif dan menghasut. Ngerinya lagi, isu tersebut diambil dari surat kabar atau media resmi yang isinya sudah dimodifikasi sesuai dengan persepsi pembuat hoax.

Untuk mengantisipasi hal ini, kau sanggup mengeceknya dengan browsing dan membaca dari sumber yang asli. Biasanya, media resmi dengan dapat dipercaya yang mereka miliki tentunya sudah melaksanakan check and re-check kebenaran isu sebelum dipublikasikan.

2.

Jangan buru-buru membagikan informasi

Tips Bijak Mencegah Hoax
Jangan asal sebar, cek dulu kebenarannya! | keepo.me

Sebelum membagikan informasi atau berita, sebaiknya kau kembangkan rasa penasaranmu. Kamu perlu banget mengecek kebenaran isu seutuhnya. Dengan rasa ingin tau yang kau miliki, menciptakan pikiran kau lebih terbuka sehingga kau sanggup menjadi eksklusif yang bijak.

3.

Ikut dalam program talkshow dan grup diskusi antihoax

Tips Bijak Mencegah Hoax
Antihoax club! | keepo.me

Ikut serta dan bergabung dengan program talkshow antihoax sanggup menciptakan pikiran kau lebih terbuka dalam menyerap informasi yang beredar di luar sana.

Dan bicarain wacana program talkshow antihoax, baru-baru ini (Jum’at/29 Maret 2019) diadakan oleh suara.com dengan tema “Politik tanpa Hoax”. Acara ini sebagai bentuk janji suara.com sebagai media daring yang mempunyai tagline “jujur, berimbang dan independen”, yang dalam setiap pemberitaannya meneguhkan diri untuk terus melawan bermacam-macam kabar hoaxs.

Talkshow “Politik Tanpa Hoax” sendiri menampilkan beberapa pembicara yang berkompeten di bidangnya. Di antaranya yaitu Staf Ahli Menkominfo Prof Henri Subiakto, Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers Imam Wahyudi, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Imam Gunawan, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang, politisi Partai Nasdem Tina Talisa, serta politisi Partai Demokrat Annisa Tyas Palupi.

Dalam program ini juga, suara.com menggelar launching 5 portal Suara Regional oleh jajaran komisaris dan direksi PT Arkadia Digital Media.

Artikel Lainnya

4.

Segera adukan isu hoax yang kau dapatkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika

Tips Bijak Mencegah Hoax
Adukan ke Kemkominfo | keepo.me

Apabila kau sudah melaksanakan semua cara diatas dan kau menemukan isu hoax, maka jangan ragu untuk segera melaporkannya kepada Kemkominfo.

Nah, itu tadi cara menyikapi suatu pemberitaan agar nggak gampang terpengaruhi hoax dan jadi penyebar isu hoax. Ayo bantu-membantu perangi hoax, menyerupai apa yang dilakukan suara.com. Jadilah milenial cerdas dan bijak dengan mencegah hoax berkembang di masyarakat!