Misteri Wilhelmina, Terowongan Terbengkalai Di Jabar Yang Menyimpan Cerita Mistis

Misteri Wilhelmina, Terowongan Terbengkalai di Jabar yang Menyimpan Kisah Mistis

Terowongan Angker
Terowongan Wilhelmina di jawa Barat | lifestyle.okezone.com

Terowongan Wilhelmina juga digunakan untuk melenyapkan orang

Jawa merupakan sebuah pulau yang mempunyai kekhasan dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia. Di Jawa ada banyak rel kereta api, bahkan terowongannya sudah ada semenjak zaman dahulu. Seperti salah satu terowongan rel kereta api nonaktif yang populer menakutkan ini.

Bayangkan terowongan rel terpanjang tersebut panjangnya mencapai 1.208 meter. Adapun yang menambah kesan menyeramkan yaitu karena rel tersebut diresmikan pada 1 Juni 1921.

Walaupun demikian rel kereta api ini bantu-membantu sudah diresmikan semenjak tahun 1914. Diberitakan Okezone.com pada 7 November 2019, Terowongan Wilhelmina mempunyai sejarah panjang. Di masa jayanya, terowongan yang dibangun oleh Hindia Belanda ini menghubungkan jalur Banjar-Pangandaran-Cijulang.

Terowongan Angker
Terowongan Wilhelmina di jawa Barat | lifestyle.okezone.com

Terowongan ini dibangun di bawah naungan perusahaan perkeretaapian Staatsspoorwegen (SS). Nama Wilhelmina diambil dari nama Wilhelmina Helena Pauline Maria, yakni seorang ratu asal Belanda.

Baca juga: 5 Penjelasan Ilmiah Dibalik Adanya Penampakan Hantu

Sayangnya terowongan yang juga menjadi saksi sejarah perkereta apian di Indonesia ini sudah resmi di tutup total pada 1982 alasannya yaitu mempunyai beberapa masalah.

Terowongan yang berada di perbukitan kapur di Desa Ampak dan Desa Bagolo, Kalipucang, Pangandaran ini bantu-membantu tidak dibangun sendirian. Ada juga Terowongan Hendrik (105 meter), Terowongan Juliana (147,70 meter), dan Terowongan Batulawang (281,5 meter). Namun Terowongan Wilhelmina yaitu yang paling sering menerima sorotan.

Konon, yang menyebabkan terowongan ini menakutkan yaitu adanya kisah yang bersamaan dibangunnya terowongan ini. Dahulu pernah terbengkalai alasannya yaitu tidak ada tenaga andal yang bekerja pada 1916.

Baca juga: 4 Orang Ini Sempat Dokumentasikan Detik-detik Terakhir Kematiannya Sendiri

Selain itu, banyak pekerja yang sakit sampai meninggal, maklum medannya sangat sulit. Terowongan ini pada masa itu juga berperan sebagai jalan untuk mengangkut hasil bumi. Kopra, padi dan rempah yaitu hasil alam yang diangkut melalui terowongan ini.

Terowongan Angker
Terowongan Wilhelmina di jawa Barat | lifestyle.okezone.com
Artikel Lainnya

Kini, ceritanya menjadi berbeda alasannya yaitu nyatanya terowongan ini biasanya digunakan untuk pesugihan. Di sana ada orang sering bertapa untuk meminta pesugihan. Walau tidak diketahui maksud yang niscaya mengapa hal itu terjadi. Ada juga yang pergi ke terowongan itu untuk melaksanakan swafoto.

Masyarakat sekitar juga menceritakan ihwal anehnya terowongan yang melegenda itu. Terowongan ini dianggap sebagai sumber minyak bumi ketika itu. Ada juga bebatuan berharga yang katanya mengandung unsur emas dan perak. Bahkan bebatuan itu dikatakan mempunyai nilai tinggi.

Selain itu, sejarah kelamnya pada zaman dulu yaitu terowongan ini digunakan untuk melenyapkan seseorang yang dilakukan oleh tentara Belanda.

Tags :