Muncul Tentang Sandiaga Kembali Jadi Wakil Gubernur Dki, Begini Kata Anies!

Muncul Wacana Sandiaga Kembali Kaprikornus Wakil Gubernur DKI, Begini Kata Anies!

Sandiaga Kembali Kaprikornus Wakil Gubernur Anies
Gubernur DKI Anies Baswedan ketika bersama dengan Cawapres 02 Sandiaga Uni di DPP Gerindra, Jakarta, Rabu (15/2/2017) | www.liputan6.com

Duh, jadi balikan enggak yaaa?

Isu kembalinya calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno ke dingklik jabatan wakil gubernur DKI Jakarta berhembus kencang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pribadi memperlihatkan balasan terkait informasi ‘balikan’ tersebut dengan santai. Namun, dia juga tidak menutup segala kemungkinan yang akan muncul dimasa depan.

Lalu, bagaimana respon Anies terkait informasi Sandiaga balik menuju DKI?

1.

Sebut bukan ranah Gubernur

Sandiaga Kembali Kaprikornus Wakil Gubernur Anies
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ketika menunggu pengumuman hasil Pilgub DKI 2017. | news.uzone.id

Dilansir dari Kompas.com, Senin (22/4), Anies Baswedan tidak ingin memperlihatkan komentar terlalu jauh ketika para wartawan menanyai kemungkinan kembalinya Sandiaga ke dingklik wagub DKI.

Meskipun sempat melongo sejenak, Anies kemudian memperlihatkan balasan sembari tertawa dan menyebut bila ranah pengangkatan Sandiaga sebagai wagub DKI tersebut tidak berada ditangannya.

“Memang sudah (gagal jadi capres)? Ini pertanyaan jebakan,” ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

“Dan tolong-menolong ini daerahnya partai politik, jadi gubernur itu tidak di dalam posisi untuk menyatakan ya atau tidak alasannya memang tidak punya wewenang dalam urusan ini,” jelasnya.

2.

Tidak ada larangan, tapi…

Sandiaga Kembali Kaprikornus Wakil Gubernur Anies
Gubernur DKI Anies Baswedan ketika masih bersama dengan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno. | www.liputan6.com

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jederal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik menjelaskan bila tidak ada hukum yang melarang seseorang kembali menjabat jabatan yang pernah ditinggalkan.

Namun, Akmal menyebutkan ada beberapa hal yang akan perlu sangat diperhatikan salah satunya yakni etika.

“Tidak ada larangan, Cuma alasannya kita kan tidak melulu duduk perkara aturan. Ada adab yang harus diperhatikan,” ucap Akmal.

“Ketika ingin menarik lagi (menjadikan Sandiaga wagub DKI) harus ada argumentasi terang kenapa ditarik. Publik niscaya bertanya itu alasannya haknya ada di partai pengusung,” tambahnya.

3.

BPN tepis informasi liar Sandiaga

Sandiaga Kembali Kaprikornus Wakil Gubernur Anies
Waketum Partai Gerindra, Fadli Zon menepis informasi terkait balik kucing Sandiaga Uno menjadi wakil gubernur DKI. | www.liputan6.com

Dilansir dari detikcom, Senin (22/4), Wakil Ketua Dewan Penasihat BPN Prabowo-Sandi, Hidayat Nur Wahid tidak ingin banyak berandai-andai terkait masa depan Sandiaga terutama terkait informasi menjadi Wagub DKI.

“Monggo saja kalau dia (Sandiaga) mau. Tapi kan belum tentu dia kalah dalam pilpres, kalau dia nanti menang sebagai wapres? Ini proses belum selesai,” ucap Hidayat.

Sedangkan, Waketum Gerindra Fadli Zon memastikan bila Sandiaga Uno akan tetap menjadi wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

“Nggak ada. Dia wakil presiden, kok jadi wagub?” ucap Fadli.

Artikel Lainnya

Sosok Sandiaga Uno memang menjadi magnet dalam dunia politik dalam setahun terakhir.

Hal ini tidak lepas dari karir politiknya yang cukup moncer alasannya pernah menjabat sebagai Wagub DKI sebelum kesudahannya menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

Namun, akankah Sandiaga menjabat kembali sebagai Wagub DKI? Jawabannya akan muncul ketika pengumuman resmi hasil pilpres dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum pada 22 Mei mendatang.