Nekat Pulang Kampung Jalan Kaki, Perempuan Ini Pingsan Di Wc Minimarket

Nekat Mudik Jalan Kaki, Wanita Ini Pingsan di WC Minimarket

Wahyu Utami
Wahyu Utami dievakuasi oleh petugas kesehatan | wartakota.tribunnews.com

Wanita asal Pati, Jawa Tengah, Rela Berjalan Kaki untuk Mudik

Saat ini pemerintah memberlakukan pelarangan pulang kampung bagi seluruh masyarakat guna mencegah penyebaran virus corona. Meski demikian, tidak sedikit masyarakat yang tetap pulang kampung dengan banyak sekali cara. Mulai dari mencari jalan alternatif hingga berjalan kaki menyerupai yang dilakukan oleh pemudik asal Pati, Jawa Tengah.

1.

Jalan belasan kilometer

Wahyu Utami
Evakuasi Wahyu Utami di minimarket | regional.kompas.com

Wahyu Utami, pemudik asal Pati, Jawa Tengah, ditemukan tak sadarkan diri di sebuah toilet di minimarket di Dumpil, Madiun, Jawa Timur. Tak usang kemudian, tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Madiun segera melaksanakan penyelamatan dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Korban pribadi kami penyelamatan ke RSUD Caruban dengan standar penanganan Covid-19,” ujar Muhammad Zahrowi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBPD) Kabupaten Madiun kepada Kompas.com.

Zahrowi memberi keterangan bahwa Utami berdomisili di Jombang dan berencana pulang kampung ke Pati. Akibat pembatasan di banyak sekali wilayah, transportasi umum yang beroperasi dari Jombang ke Pati sulit diakses.

2.

Ditemukan pingsan di toilet

Wahyu Utami
Wahyu Utami dievakuasi petugas kesehatan | jatim.suara.com

Utami membonceng sepeda motor menuju ke arah Pati. Utami membonceng hingga Kecamatan Majeyan, Kabupaten Madiun. Setelah itu, Utami mulai berjalan hingga belasan kilometer dan datang di minimarket Dumpil.

Utami pun izin kepada kasir untuk memakai toilet. Demikian yang dituturkan oleh kasir minimarket, Cicik Tri Wahyuni. Cicik mengizinkan wanita itu memakai toilet namun hingga 45 menit, Utami tak kunjung keluar dari toilet.

Cicik mulai khawatir dan ia melapor ke polisi yang berada di pos investigasi dan isu Covid-19 yang berada sempurna di samping minimarket. Saat pintu berusaha dibuka, tidak ada tanggapan dari Utami dan kesannya polisi membuka paksa dan menemukan Utami tergeletak tak sadarkan diri.

3.

Wajah pucat dan tangan membiru

Wahyu Utami
Petugas kesehatan yang mengevakuasi Wahyu Utami | wow.tribunnews.com

Salah satu petugas pos pemeriksaan, Aipda Arif Syarifuddin, menjelaskan kondisi Utami dikala ditemukan, “Wajah wanita tadi pucat dan tangannya sudah membiru,” ujar Aipda Arif Syarifuddin.

Tak menunggu lama, petugas pribadi menghubungi Satgas Penanganan Covid-19 untuk mengevakuasi wanita tersebut. Petugas juga menemukan tas berisi dompet, sertifikat kelahiran, dan kartu identitas milik Utami.

Menurut Zahrowi, Utami mempunyai riwayat di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang. Namun Zahrowi tidak memperlihatkan klarifikasi lebih lanjut mengenai sakit yang diderita Utami dikala dirawat di rumah sakit tersebut. Kondisi Utami yang tak sadarkan diri dengan wajah pucat diduga disebabkan oleh kelelahan.

Artikel Lainnya

Tak hanya Utami, warga dari beberapa kawasan lain pun masih berusaha mencari celah untuk mudik. Berbagai cara pun dilakukan semoga lolos dari investigasi petugas. Beberapa pemudik bahkan rela duduk dan berhimpitan di dalam bagasi bus, menyerupai yang ditemukan di sebuah bus di terminal Ciledug, Tangerang, Banten.

Dengan demikian, pemerintah seharusnya dapat lebih ketat dalam memberlakukan larangan pulang kampung in. Di samping itu, pemerintah harus menjamin kebutuhan para warga semoga tidak ada lagi warga yang melanggar kebijakan terkait pandemi Covid-19 ini.