Ngeri! Begini Alhasil Jikalau Bulan Menghilang Dari Alam Semesta

Ngeri! Begini Jadinya Jika Bulan Menghilang dari Alam Semesta

Begini Jadinya Jika Bulan Menghilang dari Alam Semesta!
Begini Jadinya Jika Bulan Menghilang dari Alam Semesta! | beritagar.id

Beruntung bulan masih ada menemani bumi

Bulan yaitu benda langit yang mempunyai tugas sangat penting untuk bumi. Berkat adanya bulan, rotasi planet ini menjadi stabil. Keberadaan bulan memang menjadi salah satu objek yang selalu diamati oleh para andal astronomi. Meski dikala ini astronot konon sudah ada yang berhasil mendarat di bulan, namun tetap saja benda langit ini masih penuh misteri.

Keberadaan bulan pun menghasilkan dongeng tersendiri bagi masyarakat dunia. Misalnya saja mitologi Eropa yang menyampaikan kalau insan serigala akan muncul ketika bulan purnama. Selain itu, ada pula mitologi Jepang yang menyampaikan kalau ada kelinci yang tinggal di permukaan bulan.

Begitu vitalnya tugas bulan menciptakan insan terus mengeksplor benda langit ini. Lalu timbul pertanyaan, apakah yang akan terjadi jikalau bulan tidak ada? Apakah masih ada kehidupan di planet bumi ini? Penasaran? Berikut ada tiga hal yang akan terjadi jikalau bulan tidak ada di semesta ini. Yuk, Keepo!

1.

Iklim di bumi menjadi kacau

Begini Jadinya Jika Bulan Menghilang dari Alam Semesta!
Iklim di bumi menjadi kacau | www.fimela.com

Kita semua sudah tahu kalau bumi berputar pada porosnya. Bumi sendiri berputar tidak dalam kondisi yang tegak, melainkan sedikit miring dengan sudut kemiringan 23.5 derajat. Akibatnya permukaan bumi mendapatkan paparan sinar matahari yang konstan sepanjang tahun. Oleh alasannya itulah mengapa belahan bumi utara dan selatan mengalami empat demam isu dengan pergantian demam isu yang tidak sama.

Baca juga: Para Wanita dengan Kelainan Kulit Ini Sukses Mendobrak Standar Kecantikan Dunia

Kemiringan yang dimiliki oleh bumi ini diperkirakan erat kaitannya dengan keberadaan bulan. Berdasarkan sebuah hipotesis, milayaran tahun yang kemudian dikala bumi masih belum mempunyai bulan, sebuah benda langit kecil bertabrakan dengan bumi.

Hal itu mengakibatkan posisi bumi menjadi miring. Sebagian potongan bumi yang bertabrakan kemudian terhempas ke angkasa dan berputar di sekeliling bumi hingga jadinya menjadi bulan ibarat yang kini kita lihat ini. Lantas apa jadinya jikalau tidak ada bulan di akrab bumi?

Para ilmuwan memperkirakan akhir yang ditimbulkan yaitu posisi bumi akan menjadi lebih miring atau lebih tegak dibandingkan dengan sekarang. Jika hal itu terjadi, maka pecahan kutub akan lebih sering terpapar sinar matahari yang mana mengakibatkan lapisan es tidak akan terbentuk di wilayah kutub serta iklim di bumi pun mengalami perubahan yang sangat drastis.

Baca juga: Kamu Wajib Waspada! Ini 5 Lokasi Angker di Jalur Pantura

Dampak lain yang sanggup terjadi jikalau tidak adanya bulan yaitu bumi akan berotasi lebih cepat dibandingkan dengan sekarang. Hal itu disebabkan tidak adanya tarikan dari gravitasi bulan yang menciptakan angin yang terbentuk di bumi menjadi lebih kencang. Sebagai contoh, planet Jupiter yang mana rotasinya memerlukan waktu 10 jam sanggup menghasilkan angin yang hembusannya mencapai 320 km/jam.

2.

Permukaan bahari menjadi lebih rendah

Begini Jadinya Jika Bulan Menghilang dari Alam Semesta!
Permukaan bahari menjadi lebih rendah | www.pinterest.co.uk

Hampir semua orang mengetahui kalau permukaan bahari bakal mengalami kejadian pasang dan surut. Peristiwa pasang ini sendiri terjadi lantaran berubahnya posisi bulan dikala mengitari bumi. Ketika berada di akrab bumi, daya tarik dari gravitasi bulan mengakibatkan permukaan bahari terlihat naik. Pun sebaliknya.

Jika bulan tidak ada, maka perubahan ketinggian permukaan bahari tetap akan terpengaruh meski pasang sendiri masih sanggup terjadi lantaran daya gravitasi matahari. Namun, lantaran jarak matahari yang sangat jauh, maka pengaruhnya tidak sesignifikan yang diberikan bulan.

Baca juga: Kisah Kelam Zaman Orba hingga Kapal Hantu, 5 Misteri Ini Populer Sampai Mancanegara

Selain berubahnya ketinggian permukaan laut, ketiadaan bulan juga mengakibatkan permukaan samudera menjadi jauh lebih tenang. Hal itu terjadi lantaran tanpa adanya gravitasi bulan, distribusi air bahari di seantero permukaan bumi akan menjadi lebih merata.

3.

Satu hari menjadi lebih pendek

Begini Jadinya Jika Bulan Menghilang dari Alam Semesta!
Satu hari menjadi lebih pendek | www.youtube.com

Seperti yang sempat disinggung pada poin pertama, akhir tidak adanya bulan, maka rotasi bumi akan menjadi lebih cepat. Hal itu tentu menciptakan satu hari di bumi menjadi lebih pendek. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pada 4,5 miliar tahun sebelumnya ketika bulan belum terbentuk, rentang waktu satu hari yang dimiliki bumi hanya sekitar 4 jam akhir begitu cepatnya rotasi yang dilakukan bumi. Karena kecepatan rotasi ini pula yang mengakibatkan angin di permukaan bumi akan menjadi lebih cepat.

Artikel Lainnya

Itu beliau tiga hal yang akan terjadi jikalau tidak ada bulan di alam semesta ini. benar-benar mengerikan, bukan? Kita sebagai insan yang tinggal pada masa kini sudah sepatutnya untuk bersyukur, deh!

Tags :