Nggak Cuma Presiden Ukraina, 3 Pemimpin Dunia Ini Juga Tak Berlatar Belakang Politik

Nggak Cuma Presiden Ukraina, 3 Pemimpin Dunia Ini Juga Tak Berlatar Belakang Politik

Justin Trudaue
Justin Trudaue | www.vox.com

Tapi mereka dipercaya oleh rakyat

Kemenangan Volodymyr Zelenskiy dalam Pilpres Ukraina cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, laki-laki 41 tahun tersebut merupakan seorang pelawak yang sama sekali tidak mempunyai latar belakang politik.

Meski demikian Zelenskiy berhasil menduduki urutan pertama dan mengalahkan Presiden Petro Poroshenko dan mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko.

Jika hasilnya Zelenskiy berhasil menduduki bangku kepresidenan Ukraina, ia bukanlah satu-satunya pemimpin yang tidak mempunyai pengalaman politik. Saat ini ada juga sejumlah pemimpin negara yang memang tidak berlatar politik. Berikut yaitu tiga di antaranya, dikutip dari Tempo.co, Selasa (2/4).

1.

Justin Trudeau – Perdana Menteri Kanada

Justin Trudaue
Justin Trudeau, PM Kanada | canoe.com

Pada awalnya, Justine Trudeau tidak mempunyai ketertarikan untuk berkecimpung di dunia politik, apalagi terjun ke pemilu Kanada. Sebelumnya laki-laki berusia 47 tahun tersebut dikenal sebagai pemeran sekaligus petinju profesional. Salah satu film yang dibintanginya yaitu The Great War.

Trudeau mulai masuk ke dunia politik pada tahun 2006 dengan bergabung bersama Partai Liberal. Ia pun mulai mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam pemilu mewakili distrik Papenau. Pada tahun 2008, Trudaue berhasil terpilih sebagai anggota dewan legislatif Kanada. Tahun 2011, ia kembali terpilih untuk posisi yang sama.

Kiprah Trudeau di dunia politik semakin mantap ketika ia berhasil menjadi Ketua Partai Liberal Kanada di tahun 2013. Posisi inilah yang kemudian melancarkan jalannya untuk menjadi Perdana Menteri Kanada di tahun 2015.

2.

Donald Trump – Presiden Amerika Serikat

Justin Trudaue
Donald Trump | www.economist.com

Presiden Donald Trump awalnya bukan seorang politikus. Presiden AS ke-45 ini merupakan pengusaha real-estate. Bahkan namanya mulai dikenal masyarakat AS sehabis Trump tampil di program reality Show The Apprentince. Acara yang disiarkan NBC ini pun lari elok sampai menciptakan Trump dikenal masyarakat AS.

Trump mulai terjun ke dunia politik ketika ia tetapkan untuk bergabung dengan Partai Republik. Trump kemudian mengumumkan dirinya siap maju sebagai Presiden AS pada tahun 2015. Pemilu yang dilaksanakan pada tahun 2016 tersebut hasilnya memboyong Trump ke Gedung Putih dan mengalahkan kandidat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

3.

Imran Khan – Perdana Menteri Pakistan

Justin Trudaue
Imran Khan | www.dnaindia.com

Sebelum menduduki bangku Perdana Menteri, Imran Khan yaitu seorang atlet kriket atau kasti. Salah satu prestasi yang berhasil diraih laki-laki 66 tahun tersebut yaitu ketika ia dan timnya berhasil membawa Pakistan ke Olimpiade di tahun 1992.

Setelah pensiun dari dunia olahraga, Khan tetapkan untuk bergelut di dunia politik. Melalui partai yang ia dirikan, Pakistani-Tehreek-e Insaaf (PTI), Khan getol mengkritik kebijakan rezim yang korup.

Meskipun berlatar belakang dunia olahraga, Khan berbekal pengetahuan politiknya dari jurusan Filosofi, Politik, dan Ekonomi ketika ia menempuh pendidikan di Universitas Oxford. Tak disangka, partai Imran Khan berhasil meraup derma dari masyarakat dan dengan cepat membawa bangku Perdana Menteri kepada Imran Khan.

Artikel Lainnya

Itulah ketiga pemimpin dunia yang tidak mempunyai latar belakang politik namun berhasil mengambarkan kiprah politiknya di dunia internasional. Jadi, tidak mengherankan kalau nanti Volodymyr Zelenskiy, seorang komedian, berhasil menjadi pemimpin negara Ukraina.

Zelenskiy memang mendapat banyak kritik alasannya yaitu tidak berpengalaman politik, namun faktanya ia mendapat keyakinan besar dari masyarakat Ukraina untuk memimpin.