Nggak Nyangka, Ternyata Indonesia Punya Gugusan Rekor Tertua Di Dunia Lho!

Nggak Nyangka, Ternyata Indonesia Punya Deretan Rekor Tertua di Dunia lho!

Gak Nyangka Ternyata Indonesia Punya Deretan Rekor Tertua!
Gak Nyangka Ternyata Indonesia Punya Deretan Rekor Tertua! | www.yukepo.com

Hebatnya Indonesia!

Indonesia merupakan negara yang berdiri melalui usaha pergerakan masyarakat. Indonesia bisa merdeka lantaran masyarakat sadar bahwa persatuan ialah satu-satunya alat yang bisa memerdekakan negeri ini dari belenggu penjajahan. Tanpa persatuan, Indonesia mungkin tidak akan pernah mencicipi kebebasan.

Dengan persatuan, negeri kita yang tercinta ini kemudian lahir. Tentu saja masyarakat yang bersatu terdiri atas banyak sekali macam suku, ras, agama, dan kebudayaan. Hingga kemudian negara kita pun populer dengan masyarakat yang serasi meski dengan bermacam-macam dogma dan kebudayaan.

Selain dikenal dengan masyarakatnya yang heterogen, Indonesia juga mempunyai hal lain yang telah dikenal oleh dunia. Salah satunya ialah formasi rekor yang dimiliki oleh Indonesia, baik yang diberikan oleh anggota masyarakat maupun alamnya.

Pada kesempatan ini, Keepo akan mengajak kau untuk melihat salah satu rekor yang dimiliki Indonesia. Setelah melalui penyelidikan yang mendalam, ternyata Indonesia menyimpan beberapa rekor ‘tertua’ di dunia, lho. Penasaran? Langsung aja jikalau gitu kita Keepo bareng-bareng!

1.

Piramida dan candi tertua

Gak Nyangka Ternyata Indonesia Punya Deretan Rekor Tertua!
Piramida dan candi tertua | www.yukepo.com

Indonesia ternyata menyimpan rekor tertua di bidang arkeologis. Rekor tersebut tersemat pada Situs Gunung Padang yang mana merupakan piramida atau candi tertua di dunia. Situs prasejarah yang berada di Kabupaten Cianjur ini merupakan peninggalan masa Megalitikum dan memang gres dipelajari akhir-akhir ini oleh para arkeolog.

Baca juga: Bikin Takjub! 10 Karya Seni Jalanan Ini Bener-bener Mantap Abis

Situs ini diketahui dibangun sekitar 20 ribu tahun yang lalu. Perhitungan tersebut jauh berbeda dibandingkan dengan piramida tertua di Mesir yang dibangun kurang lebih 5 ribu tahun yang lalu. Situs dengan lahan seluas 3 hektar ini pun menjadi komplek punden berundak terbesar di daerah Asia Tenggara.

2.

Lukisan gua tertua

Gak Nyangka Ternyata Indonesia Punya Deretan Rekor Tertua!
Lukisan gua tertua | www.yukepo.com

Mungkin kau sudah pernah mendengar wacana adanya lukisan gua yang berasal dari El Castillo, Spanyol. Lukisan tersebut diperkirakan telah berusia sekitar 37 ribu tahun dan sempat dinobatkan sebagai lukisan tertua di dunia.

Namun pada tahun 2014 silam, para ilmuwan dari Australia dan Indonesia berhasil mematahkan rekor tersebut ketika mereka menemukan sebuah lukisan tangan di daerah Leang Timpuseng, Karst Maros, Sulawesi.

Berdasarkan hasil uji karbon yang telah dilakukan, diketahui bahwa lukisan tangan tersebut telah berusia sekitar 39.900 tahun. Penemuan ini menyebabkan lukisan tertua berpindah tangan ke Indonesia.

Baca juga: Para Wanita dengan Kelainan Kulit Ini Sukses Mendobrak Standar Kecantikan Dunia

3.

Ras tertua di dunia

Gak Nyangka Ternyata Indonesia Punya Deretan Rekor Tertua!
Ras tertua di dunia | www.yukepo.com

Dr. Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald telah melaksanakan sebuah studi wacana sejarah dari keberadaan ras di dunia. Menurut pakar paleontology dan geologi ini, ras tertua yang ada di dunia berasal dari Ras Nusantara.

Lanjut menurutnya, semua insan modern yang ada di dunia ketika ini berasal dari satu ras induk, yakni Ras Nusantara atau Austronesia yang tinggal di Kepulauan Dwipantara (sekarang Indonesia). Oleh lantaran itu, gak heran jikalau banyak ditemukan fosil insan purba tertua di Situs Trinil dan Sangiran.

4.

Suku tertua di dunia

Gak Nyangka Ternyata Indonesia Punya Deretan Rekor Tertua!
Suku tertua di dunia | www.yukepo.com

Selain memegang rekor ras tertua di dunia, Indonesia juga memegang rekor sebagai suku tertua yang ada di dunia. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bennet Bronson asal Amerika bersama tim Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional Jakarta.

Hasil penelitan menemukan bahwa Suku Kerinci menjadi suku tertua di dunia lantaran sudah ada semenjak 10 ribu tahun yang lalu. Dengan penelitian tersebut, Suku Kerinci berhasil mengalahkan Suku Indian, Inka, bahkan Proto Melayu.

Baca juga: Mitos Mistis Tentang Burung Hantu dari Beragam Bangsa

Suku Kerinci diketahui tinggal di Kabupaten Kerinci, Jambi. Nama Kerinci sendiri berasal dari bahasa Tamil, yakni “Kurinji” yang mana merupakan sebutan dari bunga yang tumbuh di India pada ketinggian di atas 1.800 mdpl. Bunga tersebut hanya akan mekar sekali dalam dua belas tahun. Hal ini mengatakan bahwa adanya hubungan antara para pedangan India Tamil dengan Suku Kerinci.

5.

Budaya layang-layang tertua

Gak Nyangka Ternyata Indonesia Punya Deretan Rekor Tertua!
Budaya layang-layang tertua | www.yukepo.com

Sebelumnya dunia mengetahui bahwa budaya layang-layang tertua berasal dari Cina lantaran ditemukan sekitar 2.400 tahun yang lalu. Namun, hal itu berhasil dipatahkan oleh Wolfgang Bick, spesialis layang-layang.

Pada tahun 1997 silam, Wolfgang melaksanakan penelitian yang akhirnya menyatakan bahwa budaya layang-layang tertua berasal dari masyarakat Pulau Mina, Sulawesi Tenggara lantaran sudah ada semenjak 4 ribu tahun yang lalu. Pernyataan tersebut diperkuat dengan adanya temuan lukisan prasejarah di dinding Gua Sugi Patani yang menggambarkan seseorang sedang bermain layang-layang.

Artikel Lainnya

Itu beliau rentetan rekor tertua yang dimiliki Indonesia. Sebenarnya masih banyak rekor lainnya yang dipegang oleh negara kita tercinta ini. Kalau dibahas satu per satu, nanti kau bakalan pegel lagi bacanya. Btw, kau nyangka gak ternyata Indonesia punya banyak sekali rekor tertua yang bisa disebut sebagai asal muasal dari peradaban modern? Makanya kita harus jaga itu Indonesia punya alam dan budaya. Jangan malah dirusak cuma lantaran pengen eksis di medsos!

Tags :