Pelajar Tawuran Di Tengah Pandemi Corona, Ini Imbauan Polisi!

Pelajar Tawuran di Tengah Pandemi Corona, Ini Imbauan Polisi!

Tawuran pelajar
Tawuran pelajar | megapolitan.okezone.com

Sejumlah pelajar melaksanakan tawuran di tengah imbauan social distancing

Sejak wabah Covid-19 semakin merebak di Indonesia, aneka macam acara masyarakat pun mulai ditiadakan. Sebagai gantinya, masyarakat sanggup menjalankan kerja dari rumah atau berguru dari rumah. Sayangnya, hal ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sejumlah pelajar justru melaksanakan tawuran di tengah pandemi.

1.

Imbauan kepolisian untuk pelajar

Tawuran pelajar
Tawuran pelajar | megapolitan.okezone.com

Kanit Reskrim Polsek Tebet, Iptu Agus Herwahyu Adi, menyampaikan bahwa kesempatan berguru di rumah sebaiknya dimanfaatkan dengan kegiatan yang baik dan bukan malah dipakai untuk tawuran.

“Diberi libur oleh sekolah-sekolah ataupun yang lainnya bukan untuk menyerupai ini. Mereka untuk di rumah dan tidak ke mana-mana dan kita setiap malam mengimbau terus kepada warga untuk tidak berkumpul,” ujar Iptu Agus Herwahyu Adi, dikutip dari Kompas.com.

Untuk melaksanakan hal ini, perang para orang renta sangat diharapkan untuk mengimbau anak-anaknya tetap berada di rumah dan waspada dengan penyebaran Covid-19.Pasalnya, kalau hukum untuk social distancing ini diabaikan, tidak hanya diri sendiri dan keluarga yang akan rentan terpapar virus tetapi juga orang lain.

2.

Tawuran di Jakarta

Tawuran pelajar
Tawuran pelajar | megapolitan.okezone.com

Sebelumnya, tawuran antar dua kelompok terjadi di Jalan Dr Saharjo Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 1 April 2020. Iptu Agus Herwahyu Adi menyampaikan bahwa tawuran tersebut dimulai dikala warga RW 06 Manggarai yang lebih banyak didominasi anak muda melempari warga dari gang sawo.

“Dari gang sawo dalam itu membalas kembali dengan lemparan kerikil botol kaca, terjadilah saling serang,” ungkap Iptu Agus Herwahyu Adi.

Tawuran pun berlangsung tidak lama. Petugas kepolisian dari Polsek Tebet eksklusif mendatangi lokasi bencana dan membubarkan dua kelompok tersebut. Saat itu, polisi belum berhasil mengamankan warga yang terlibat tawuran.

“Belum nih, kita lagi mencari siapa pemicunya. Kita sedang cari apa motifnya,” kata Iptu Agus Herwahyu Adi

3.

Tawuran di Sumedang

Tawuran pelajar
Tawuran pelajar | megapolitan.okezone.com

Tak hanya terjadi di wilayah Jakarta, agresi tawuran antar pelajar di tengah pandemi corona pun sempat terjadi di Jalan Tol Cisumdawu, Desa Mekarjaya, Sumedang, Jawa Barat. Mengetahui adanya tawuran di tempat tersebut, pihak kepolisian eksklusif mendatangi lokasi untuk melaksanakan pembubaran.

Alhasil, sekitar 20 pelajar di antaranya berhasil ditangkap pihak kepolisian beserta dengan senjata tajam yang akan mereka gunakan untuk tawuran, menyerupai celurit dan gir motor.

“Anggota kami tiba di lokasi sempurna waktu, jadi mereka cepat kami amankan. Ini berkat laporan cepat dari masyarakat,” ujar Kapolres Sumedang, AKBP Dwi Indra Laksmana, sebagaimana dilansir oleeh Kompas.com.

Pelajar yang terlibat dalam tawuran itu diketahui berasal dari tempat Sumedang dan Bandung. Untuk memperlihatkan pengaruh jera, pihak kepolisian pun melaksanakan pelatihan di Mapolres Sumedang.

“Kami juga telah memanggil orangtua para pelajar dan pihak sekolah. Kami imbau, orangtua uuntuk sanggup lebih mengawasi bawah umur selama masa berguru di rumah diberlakukan,” tutur AKBP Dwi Indra Laksmana.

Artikel Lainnya

Memberlakukan social distancing di tengah pandemi Covid-19 ini memang membutuhkan kolaborasi dari pihak banyak. Terutama kesadaran masyarakat sehingga agresi pencegahan ini sanggup dilaksanakan dengan optimal.