Pengertian Biodata Berdasarkan Jago Dan Manfaat Besar Membaca Kisahnya

perspektif historis.
 menyatakan bahwa biodata merupakan sebuah jenis pertanyaan faktual tentang kehidupan dan  Pengertian Biodata Menurut Ahli dan Manfaat Besar Membaca Kisahnya
Seperti diketahui isu terkait biodata sendiri memang menjelaskan terkait profil pribadi dan fakta kehidupan seseorang. Dimana biodata sendiri memang tidak mempunyai kekerabatan dengan introspaeksi ataupun penilaian secara subyektif. Namun biodata dinilai bersarkan penilain secara obyektif terhadap riwayat hidup seseorang. Hal tersebut sesuai pedapat yang dikemukakan oleh Stricker, L. J. dalam juranl publikasi yang berjudul “Assessing Leadership Potential with a Biographical Measure of Personality Traits” (1998).

Sebelumnya biodata sendiri memang tidak mampu untuk memprediksi semua sikap di kurun depan. Namun yang perlu diketahui bahwa biodata mampu bermanfaat sebagai penilainan terhadap personil seseorang. Dan mampu ditarik pengertian bahwa biodata dapat dijadikan sebuah indikasi terkait kemungkinan sikap seseorang di abad depan. Tak hanya itu biodata juga mampu dijadikan pembelajaran bagai seseorang. Apalagi setelah peristiwa yang telah terjadi (riwayat individuI) seseorang di era sebelumnya.

Pengertian Biodata dan Biografi Menurut Ahli dan Manfaat Membaca Kisahnya

Biodata sendiri terdengar seperti dengan biografi, walaupun sebetulnya berbeda. Pengertian dari biografi yakni sebuah ulasan tentang perjalanan hidup atau riwayat hidup secara lebih luas hingga mampu menjadi sebuah buku. Menurut situs Salamadian com mengungkapan bahwa umumnya biografi menceritakan terkait kehidupan seseorang, dimulai saat dia dilahirkan sampai keadaan dirinya di kala saat ini.

Terdapat perbedaan pula anatara biografi dengan autobiografi, dimana penulisan dari autobiografi sendiri menggunakan sudut pandang orang pertama (riwayat hidup diri sendiri). Sementara penulisan dari biografi memakai sudut pandang orang ketiga, atau mampu diartikan bahwa penulisan di tulis oleh orang lain. Dan manfaat dari biografi bagi pembaca yakni bisa memperlihatkan berita tentang kehidupan langsung serta kejadian penting yang dialami oleh seseorang.

Baca: Profil Sri Wahyumi Manalip Si Bupati Tercantik di Indonesia
           Muhammadiyah dan Astronom Arab: Awal Puas 6 Mei, NU?
           Biodata Nurul Bashirah Si Puteri Muslimah Indonesia 2019

Sementara menurut situs Moondoggiesmusic com menyatakan bahwa biografi berisi ihwal sebuah kisah atau cerita seseorang dalam menjalani kehidupannya, baik kelebihan, kekurangan, problem hingga peristiwa apapun agar menjadi acuan bagi orang banyak (pembaca). Kemudian bentuk bahasa dalam penulisan biografi berupa sebuah narasi yang ditulis oleh penulis.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika biodata dan biografi mempunyai kemiripan, dimana keduanya sama-sama mengisahkan wacana riwayat hidup. Dan juga memiliki tujuan yang sama, yaitu secara umum untuk memperlihatkan gosip kepada generasi berikutnya. Baik terkait riwayat hidup seseorang ataupun suatu organisasi. Hal ini dapat menjadi pembelajaran bagi pembaca, serta mampu memberi motivasi bagi yang membaca kisahnya.

Menurut beberapa sumber dalam menciptakan biodata ataupun biografi, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan dan dipersiapkan oleh penulis. Mulai dari mencari sumber gosip yang terpercaya,  melakukan riset publikasi dari jurnal, pemberitaan hingga buku. Hal tersebut tak lain, demi memperlihatkan isu yang akurat dan terpercaya. Dan menghidari  kesalahan yang berujung dengan info palsu atau “Hoax”. Dan terakhir terkait penulisan bodata, sebaiknya gaya penulisan lebih  terstruktur dan sistematis dalam penyususnannya.

Editor: Heru Setianto
Source Image: Pixbay
Source: kbbi[dot]web[dot]id/biodata
              doi[dot]org/10.1037%2F0021-9010.72.1.149
              doi[dot]org/10.1111%2F1468-2389.00087
              salamadian[dot]com/contoh-biografi-diri-sendiri/
              moondoggiesmusic[dot]com/teladan-biografi/