Pengertian Moodle Dan Cara Mengumpulkan Tugas

Laluahmad.com – yang anak kuliahan niscaya mengenal apa itu moodle, yap moodle merupakan apilkasi atau web tempata kita berguru, mengumpulkan peran dan quiz. seringkali dosen kalo nggak masuk, niscaya menyuruh kita mengerjakan soal disana. kalau kalian belum mengerti lebih dalam apa itu moodle, coba kamu simak penjelasan dibawah.

Apa itu Moodle ?

Modular Objek-Oriented Dynamic Learning Environment atau yang disingkat dengan dengan nama Moodle yaitu sebuah flatform / aplikasi mencar ilmu mengajar yang memanfaatkan Teknologi Informasi, yang dikenal konsep pembelajaran elekronik atau bahasa gaulnya E-Learning, platform ini dibuat khusus untuk para pengajar dan murid untuk kepentingan edukasi. Moodle ini mempunyai fitur untuk menyajikan kursus, dimana pengajar bisa mengunggah bahan pembelajaran, soal, tugas dan kuis, lalu murid bisa menentukan kursus yang disediakan. Selain itu Moodle juga mempunyai fitur unggulan lainnya seperti : Assignment submission, kuis online, peringkat, forum diskusi, informasi, unduh arsip dan chat. Lengkap bukan ?

Moodle ini diciptakan oleh Martin Dougiamas , ketika itu martin sedang mengenyam pendidikan di Curtin University of Technology di Australia, dan ditahun 2002 martin dinobatkan menjadi seorang webmaster bagi universitasnya, dan disaat itu juga martin diangkat menjadi admistrator sistem bagi WebCT. Disaat itu Martin menyempurnakan platform ini untuk menuntaskan duduk perkara terkait WebCT.

Cara Mengumpulkan Tugas Lewat Moodle

  1. Ketikkan alamat e-learning UBG di Browser : https://e-learning.universitasbumigora.ac.id . sehabis itu klik Login, dan masukkan user password.
  2. Setelah masuk, maka kita akan menerima daftar kelas matakuliah yang telah di programkan pada semester ketika ini. untuk melakukan upload peran, klik dulu pada matakuliah yang bersangkutan.
  3. Dalam mata kuliah yang bersangkutan , akan ditampilkan agenda serta rincian materi atau tugas. Jika terdapat peran online maka akan muncul symbol mirip tangan memegang buku.
  4. Setelah itu klik pada peran yang akan disubmit, lalu klik Add submission.
  5. Kemudian klik Add untuk memilih file yang akan di upload.
  6. Pilih Upload File.
  7. Kemudian klik Browse.
  8. Pastikan nama file udah benar.
  9. Kalo sudah benar klik Upload this file. Kemudian klik save changes.
  10. Dan taraaaaa… simpulan

Cara Mengerjakan Kuis di Moodle

  1. Pertama , login di Moodle.
  2. Setelah masuk pilih My Course , nanti akan ada beberapa pilihan soal yang mampu dipilih.
  3. Kalo sudah menentukan, klik Attempt Quis Now.
  4. Dan taraaa.. sekarang kita mampu mengerjakan kuisnya.