Ramai Andal Ui Ungkap Corona Sudah Menyebar Semenjak Januari, Pemerintah: Kenapa Gres Bilang Sekarang

Ramai Ahli UI Ungkap Corona Sudah Menyebar Sejak Januari, Pemerintah: Kenapa Baru Bilang Sekarang

FKM UI Sebut Penyebaran Corona di RS Terjadi Sejak Januari, Pemerintah: Kenapa Baru Bilang Sekarang
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mendampingin Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. | www.wartaekonomi.co.id

Tim jago FKM UI mengungkapkan penyebaran virus corona sudah terjadi di Indonesia semenjak Januari. Kok dapat ya?

Pernyataan tim pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) yang menjelaskan bahwa wabah virus corona atau Covid-19 sudah menyebar di tanah air semenjak bulan Januari 2020 menjadi sorotan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona, Achmad Yurianto pun mengakui pihaknya tidak pernah mendapat gosip tersebut dari para jago UI semenjak masalah corona pertama kali di temukan pada Maret lalu.

Seperti apa kabar lengkapnya? Simak berikut ini.

1.

FKM UI sebut penyebaran corona sudah semenjak Januari

FKM UI Sebut Penyebaran Corona di RS Terjadi Sejak Januari, Pemerintah: Kenapa Baru Bilang Sekarang
Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono. | wow.tribunnews.com

Seperti dilansir dari Detik.com, Senin (20/4), pernyataan FKM UI yang menyebut penyebaran corona di Indonesia bukan terjadi di bulan Maret 2020 cukup menciptakan banyak orang bertanya-tanya.

Hal ini sendiri pertama kali dilontarkan oleh Staf Pengajar FKM UI Pandu Riono dalam program Diskusi Online yang digelar pada Minggu (19/4) lalu.

“Kapan virus ini masuk ke Indonesia? Bukan bulan Maret ketika presiden laporkan (kasus positif pertama),”

Dia menjelaskan bahwa para jago di FKM UI meyakini masalah corona sudah masuk ke Indonesia semenjak ahad ke-3 Januari 2020, yakni lewat penularan lokal.

Hal ini menurut adanya fakta temuan masalah orang dalam pemantauan (ODP) di sejumlah tempat pada medio waktu tersebut.

“Sebenarnya penularan lokal sudah terjadi, sudah ada ODP di daerah. Sebenarnya kita berasumsi virus itu sudah beredar semenjak ahad ke-3 bulan Januari. Makara masalah ini bukan penularan impor,” jelasnya.

Dalam diskusi tersebut, FKM UI juga menilai pemerintah selama ini terlalu lambat dalam melaksanakan penanganan corona.

2.

Pemerintah pertanyakan perilaku FKM UI

FKM UI Sebut Penyebaran Corona di RS Terjadi Sejak Januari, Pemerintah: Kenapa Baru Bilang Sekarang
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. | www.suara.com

Namun, pernyataan dari FKM UI itu mendapat reaksi yang cukup tak terduga dari pemerintah. Achmad Yurianto mengakui bahwa pihaknya sama sekali tidak pernah mendapat gosip tersebut.

“Sebaiknya menanyakan ke UI, alasannya yaitu saya juga tidak pernah dikasih tahu bila memang mereka menemukannya,” ucap Yurianto dikala dikonfirmasi.

Yurianto pun cukup mempertanyakan kenapa para jago FKM UI gres mengungkapkan fakta tersebut disaat masalah corona sudah mulai banyak terjadi.

“Pertanyaannya kenapa gres bilang sekarang? Tidak di dikala mereka meyakini ada masalah yang masuk ke Indonesia,”

Artikel Lainnya

Pernyataan jago FKM UI yang menilai pemerintah lambat menanganai corona sedang menjadi perdebatan panas usai viral di media sosial.

Para jago menilai bahwa masalah corona di tanah air bahu-membahu sudah usang terjadi, yakni semenjak ahad ke-3 Januari 2020. Padahal pemerintah gres menyatakan Indonesia positif corona semenjak Maret.

Namun, biar dengan adanya ungkapan fakta ini, baik pemerintah dan para jago dapat saling bersinergi dalam mengatasi corona. Karena bila hanya terjadi saling menyalahkan, maka yang menjadi korban yaitu masyarakat.