Rekomendasi Tema Bridal Shower Untuk Embel-Embel Prosesi Nikah Zaman Sekarang

Rekomendasi Tema Bridal Shower untuk Pelengkap Prosesi Nikah Zaman Sekarang

Tema Acara Bridal Shower
Rekomendasi tema | www.fun365.orientaltrading.com

Nggak kekinian kalau bridal shower hingga terlewat

Sebagian besar selebriti dan influencer tanah niscaya akan melaksanakan hal-hal “wah” yang tidak selalu dilakukan orang biasa. Termasuk ketika menikah. Pasti kalian pernah melihat mereka mengadakan bridal shower sebelum resmi menikah. Apa itu bridal shower sebenarnya?

Pesta lajang mempelai perempuan ini merupakan suatu keharusan terbaru sebelum prosesi ijab kabul dilakukan. Ketika prosesi ini dilewatkan, wedding party seakan terasa kurang. Padahal pesta lajang tersebut tergolong pelengkap saja, bukanlah program inti dalam pernikahan.

Bridal shower yang jadi trend masa kini

Sebelum mengenal lebih jauh soal apa itu bridal shower, ada baiknya kalian tahu juga sejarah yang mendasari program ini dibuat. Setelahnya, gres bisa menentukan tema pesta lajang mana yang sekiranya cocok untuk kau coba bersama kawan-kawan.

Pengertian pesta lajang

Tema Acara Bridal Shower
Pesta Lajang | www.pexels.com

Bridal shower ialah suatu perayaan yang diadakan oleh calon mempelai perempuan dalam rangka melepas masa lajangnya. Di program tersebut, ia mengundang sahabatnya untuk nantinya memperlihatkan hadiah pernikahan. Akan tetapi yang boleh hadir hanya sahabat wanita.

Biasanya untuk mempelai laki-laki ada acaranya sendiri yakni pesta bujang yang serupa dengan pesta lajang mempelai wanita. Tradisi yang kerap dilakukan di Amerika Serikat dan Kanada ini digelar sekitar 2-4 ahad sebelum ijab kabul dilaksanakan.

Sejarah pesta lajang pertama kali di dunia

Tema Acara Bridal Shower
Mempelai perempuan | unsplash.com

Pada mulanya arti bridal shower bukan terlihat ibarat ketika ini. Acara tersebut awalnya ialah program pengumpulan dana untuk perempuan yang tidak bisa membiayai pesta pernikahan. Walaupun ijab kabul bisa diselenggarakan secara sederhana, tetap ada uang yang dikeluarkan di sana.

Untuk menjelaskan apa itu bridal shower, ambil pola ibarat ini; terkadang ada keluarga tidak bisa yang sulit membantu membiayai ijab kabul sang anak. Ada pula pasangan pengantin yang menikah tanpa restu orang tua.

Masalah tersebut menciptakan calon mempelai tidak punya cukup uang untuk membayar biaya ijab kabul mereka. Sahabat mempelai perempuan biasanya akan berkumpul dan memberi hadiah ke calon mempelai wanita.

Hadiah itu bisa dibilang pengganti hadiah untuk mempelai perempuan pada hari-H acaranya. Tak hanya membawa hadiah, mereka juga memberi doa restu dan mendukung penuh keputusan sahabatnya. Itulah arti bridal shower yang melatar belakanginya.

Hal itu yang menciptakan si mempelai perempuan merasa “dihujani” banyak hadiah dan sukacita dari orang tersayang yang menjadi arti bridal shower yang utama. Jadi, istilah shower di sini bukan mandi, ya.

Baca juga: Inspirasi Tema Wedding yang Unik dan Berkesan

Tema Acara Bridal Shower
Wedding | www.pexels.com

Acara ini diawali dari insiden di Belanda yang melaksanakan prosesi ini di kala ke-16 dan ke-17 sebagai pengganti mahar. Diceritakan awalnya ada seorang lelaki kaya yang jatuh hati dengan perempuan miskin. Mereka tidak mendapat restu orang bau tanah mempelai pria.

Calon mertuanya bahkan malah menahan mahar yang seharusnya diberikan untuk mempelai wanita. Mendengar hal itu, sahabat si perempuan memperlihatkan pesta kejutan untuk menyenangkan calon pengantin tersebut. Bridal shower artinya mengganti kebahagiaan si mempelai wanita.

Di Amerika sendiri, tahun diadakannya bridal shower ialah semenjak 1890-an yang diawali oleh masyarakat menengah ke atas pada tempat perkotaan. Namun di 1930-an, program tersebut sudah menyebar ke belahan pedesaan di hampir seluruh Amerika.

Sementara itu di Inggris pada kala pertengahan, ada prosesi serupa berjulukan Bride Ale. Arti bridal shower tersebut ialah sebuah pesta yang diadakan sebelum hari ijab kabul di mana calon pengantin perempuan akan menciptakan bir dan menjualnya ke tamu dengan penawaran yang tinggi.

Istilah bridal shower sendiri pertama kali dipakai di media massa Grand Hers Michigan Evening Press 22 edisi 4 Juni 1904. Di media tersebut dituliskan kalau asal bridal shower ialah dari kebiasaan pada zaman Victoria untuk memasukkan hadiah ke dalam payung. Saat dibuka, calon pengantin akan bermandikan hadiah yang melimpah.

Ide pesta lajang yang unik dan anti mainstream

Tema Acara Bridal Shower
Tema untuk Bridal Shower | unsplash.com

Jika sahabat perempuan kalian akan menikah dalam waktu dekat, tak ada salahnya melaksanakan program pesta lajang. Momen bersama ketika bridal shower ialah saat-saat terbaik sebab kau akan menghantarkannya menuju kehidupan gres bersama pasangannya.

Ketika sudah melaksanakan bridal shower artinya kau sudah rela melepas sahabatmu. Sebagai rekomendasi pesta lajang, berikut beberapa tema yang sanggup dicoba.

Baca juga: Zodiak yang Berbakat jadi Wedding Planner

1. Bohemian Lake Side

Tema Acara Bridal Shower
Bohemian Lake Side | www.venuereport.com

Tema bridal shower Bohemian tepat diterapkan kalau program pesta lajang dilakukan di area terbuka alias outdoor. Karena terbuka, kau bisa mendekorasinya secantik mungkin. Adakan prosesi pestanya di tepi danau yang udaranya sejuk dan segar.

Bohemian theme menciptakan program ini makin seru sekaligus menyegarkan pikiran. Sejuknya udara di lokasi bisa merilekskan pikiran kalian. Bebas canda tawa sambil berikan kejutan ke sahabat, ya!

2. Pakaian adat

Tema Acara Bridal Shower
Contoh Bridal Shower dengan Pakaian Adat | www.brilio.net

Sebelum memakai kebaya di hari pernikahannya nanti, kau bisa melaksanakan gladi resik dengan menyuruh sahabatmu pakai pakaian adat. Pakaian adab yang dipilih bisa menurut tempat asal calon mempelai perempuan ataupun diadaptasi dengan situasi dan kondisi.

Sebagai misalnya kalau pesta lajang diadakan di rumah makan Padang, kau bisa menyuruh sobatmu untuk pakai pakaian adab Padang lengkap dengan dandanannya. Dekorasi bridal shower bisa diadaptasi saja dengan temanya.

Baca juga: Tips Tidak Tertipu Wedding Organizer

3. Retro Glamping

Tema Acara Bridal Shower
Dekorasi Tema Retro | www.99.co

Ingin mengadakan pesta lajang dengan dekorasi yang minim? Coba saja tema bridal shower Retro Glamping. Pesta lajang bertema yang satu ini akan menyenangkan sebab bisa sekalian melipir sejenak dan nikmati waktu bersama di luar rumah.

Tak usah pakai dekorasi bridal shower yang macam-macam. Cukup sewa kendaraan beroda empat van ataupun tenda untuk camping di malam hari. Kalian bisa menghabiskan waktu dengan ngemil, main permainan seru, BBQ, bergosip, dan minum minuman yang menghangatkan tubuh.

4. Rustic theme

Tema Acara Bridal Shower
Dekorasi Rustic Theme | candyclue.com

Bridal shower artinya waktumu bersenang-senang! Pilih tema terbaik ialah keputusan yang tepat. Untuk rekomedasi kali ini coba saja Rustic Theme.

Tema yang sempat terkenal di 2018 ini masih bisa kau angkat lagi di tahun ini. Bukan hanya cocok untuk program ijab kabul atau ulang tahun, Rustic sanggup pula menjadi opsi tema yang unik untuk pesta lajang.

Lagipula dalam menyiapkan tema bridal shower, kau tak perlu dekorasi yang berlebihan. Desainnya sangat sederhana namun manis. Sediakan saja sejumlah bunga baik yang segar maupun kering, kapur, dekorasi bridal shower berbahan dasar kayu, dan lampu-lampu.

Baca juga: Aplikasi Desain Undangan Pernikahan Digital

5. Salon and spa

Tema Acara Bridal Shower
Salon and Spa | id.insterne.com

Perawatan kecantikan, siapa yang tidak ingin? Ajak sahabatmu yang akan menikah untuk treatment bersama ke salon dan spa. Kamu bisa menikmati waktumu bersama sahabat sebelum ia benar-benar dipinang seseorang.

Manfaatkan waktumu dengan ngobrol dan bersenda gurau sembari menikmati akomodasi di salon dan spa itu. Bukan hanya melepas kangen bersama, bonusnya kalian juga jadi makin cantik! Nggak ribet-ribet mikir dekorasi bridal shower, ‘kan?

6. Tokoh ikonik

Tema Acara Bridal Shower
Ilustrasi Tema Tokoh Ikonik | mozaic.mataharimall.com

Coret coret wajah dengan lipstik? Apa itu bridal shower kalau caranya super biasa! Kenapa tidak coba dengan mendandani temanmu dengan tokoh ikonik yang tengah jadi hits? Sebagai program pelepasan sang sahabat, sekali-kali jangan biarkan beliau terlihat cantik.

Mungkin terdengar jahat, namun tema bridal shower ini niscaya akan berkesan. Bayangkan temanmu itu didandani tokoh Joker, Pennywise, atau Annabelle! Ditambah mainlah truth or dare supaya suasana makin seru. Jelas akan jadi momen yang tak terlupakan bagi kalian.

Baca juga: Wisata Hutan Pinus yang Cocok untuk Sesi Foto Prewedding

7. Ubah gender

Tema Acara Bridal Shower
Atta Halilintar | www.matamata.com

Yang namanya bridal shower artinya niscaya program khusus bagi wanita. Mungkin akan jadi lucu kalau kau mengubah gender sahabatmu menjadi lelaki. Mengubah di sini tentu tidak serius, ya. Dandani saja ia menjadi seorang laki-laki yang terkenal ibarat Atta Halilintar, mungkin?

Baca juga: Lokasi Prewedding Alam di Indonesia yang Patut Dipertimbangkan Calon Pengantin

Berikan aksesoris yang menunjang penampilannya. Makeup ialah poin utamanya. Semakin ia terlihat tidak ibarat wajah aslinya maka bridal shower makin berhasil. Pose sekece mungkin di kamera dan upload kegiatan kalian di Instagram!

Artikel Lainnya

Dari semua tema dan ide bridal shower di atas, mana yang paling kau idamkan? Apakah kau tipe orang yang ingin ijab kabul sederhana tanpa perlu pesta lajang segala? Semuanya bebas sesuai selera. Tentukan sendiri keinginanmu!