Segar Dan Manis, Ini Manfaat Nanas Untuk Badan Kalau Rutin Dikonsumsi

Segar dan Manis, Ini Manfaat Nanas untuk Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Amazing Pineapple | www.pexels.com

Rasakan manfaat nanas yang berkhasiat bagi tubuh

Di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya, makan buah niscaya terasa menyegarkan. Apalagi yang doyan dengan buah dengan rasa manis sekaligus masam, nanas bisa jadi pilihan yang tepat. Buah berwarna kuning ini lezat dimakan eksklusif atau dicocol dengan sambal rujak.

Faktanya nggak cuma enak, ternyata mengonsumsi buah nanas setiap hari cantik untuk kesehatan. Buah yang punya kulit lancip ini banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Nggak percaya? Langsung simak saja ulasan manfaat buah nanas jikalau dikonsumsi setiap hari.

10 manfaat buah nanas bagi kesehatan

Nanas atau ananas comosus memang tergolong buah yang kaya kandungan baik bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan kulit hingga manfaat nanas untuk kolesterol. Kamu wajib tahu khasiat lainnya yang menyehatkan badan ringkihmu.

1.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada nanas bisa mencegah kanker

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Pineapple | www.pexels.com

Manfaat buah nanas untuk kesehatan yang pertama ialah bisa mencegah kanker. Nanas mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang baik untuk mencegah pembentukan sel kanker atau radikal bebas.

Radikal bebas ini sanggup berupa asap rokok ataupun partikel berbahaya lain yang memicu adanya keanehan di sel yang menciptakan kanker jadi terbentuk. Nggak cuma itu, menurut inovasi peneliti, manfaat buah nanas yang mengandung betakaroten bisa mencegah kanker prostat dan kanker usus besar.

Sebagai langkah pencegahan kanker, kau sanggup mengganti kudapan tidak sehatmu menjadi nanas untuk mencicipi manfaat nanas untuk kesehatan itu. Yakin nggak tertarik untuk mencobanya?

2.

Nggak cuma wortel, nanas juga bisa menjaga kesehatan mata

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Mata Sehat | unsplash.com

Penelitian gres mengatakan manfaat nanas untuk kesehatan yakni lebih ampuh dalam menjaga kesehatan mata. Berdasarkan sebuah penelitian di Archives of Ophthalmology, mengonsumsi nanas setiap hari bisa menurunkan risiko degenerasi makula atau penurunan penglihatan.

Nanas yang mengandung vitamin A bisa menjaga kesehatan mata setiap orang. Kalau merasa penglihatanmu sudah agak buram, coba rasakan manfaat buah nanas dengan memakannya setiap hari. Boleh dimakan eksklusif ataupun dibentuk jus segar!

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai untuk Menyehatkan Tubuh

3.

Makan nanas bisa membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Kulit Kaprikornus Sehat | www.pexels.com

Kabar baik buat kaum Hawa, makan nanas nyatanya bisa menciptakan kulit terlihat semakin sehat dan kenyal. Manfaat buah nanas untuk kesehatan ini bisa mengatasi peradangan dan kemerahan pada kulit.

Secara bersamaan manfaat nanas juga bisa menyembuhkan luka di kulitmu dengan cepat alasannya ialah adanya kandungan di dalamnya yang bisa memperbaiki jaringan yang rusak. Selain itu, nanas juga merangsang kulit untuk memproduksi kolagen yang menciptakan kulit menjadi kenyal, lembut dan halus.

4.

Nanas bisa melindungi badan dari infeksi dan peradangan

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Melindungi dari infeksi | unsplash.com

Cuma minum satu gelas nanas bisa memebuhi 131% kebutuhan harian vitamin C pada tubuh. Manfaat nanas untuk kesehatan ini juga membantu melindungi badan terhadap infeksi virus dan peradangan.

Jadi nggak ada salahnya minum segelas jus nanas setiap hari secara rutin agar badan makin kebal terhadap virus jahat. Coba saja buat jus nanas dengan adonan madu alami. Manfaat nanas madu itu akan tambah maksimal kalau kau tidak menambahkan banyak gula di dalamnya.

Baca juga: Berbagai Manfaat Daun Kelor buat Kesehatan

5.

Mengonsumsi nanas setiap hari bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Rambut Makin Sehat | www.pexels.com

Manfaat buah nanas yang satu ini cocok bagi yang selalu mengalami permasalahan rambut. Rambutmu akan menjadi sehat dan nggak gampang rontok bila kau mengonsumsi buah ini setiap hari.

Kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit kepala dengan mengambil air nanas dan tambahkan sedikit minyak zaitun dan susu almon. Kemudian oles adonan tersebut pada kulit kepala dan diamkan selama 10 menit. Biar manfaat nanas untuk kesehatan ini lebih maksimal, ulangi treatment ini seminggu dua kali.

6.

Mengobati peradangan sendi

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Redakan Radang Sendi | unsplash.com

Manfaat buah nanas untuk kesehatan selanjutnya ialah bisa mengobati peradangan sendi dan otot, terutama yang bekerjasama dengan artitis. Artitis sendiri ialah penyakit yang membyar sendi penderitanya mengalami pembengkakan, kaku, dan mengakibatkan gerakan jadi terbatas.

Nanas mempunyai kandungan enzim proteolitik berjulukan bromelain yang berperan di reaksi pemecahan kompleks. Nanas juga punya dampak antiinflamasi. Ketika sendi mengalami peradangan, obati dengan nanas saja dan rasakan khasiatnya.

Baca juga: Manfaat Sarapan yang Nggak Boleh Disepelekan

7.

Menstabilkan kadar kolesterol yang tinggi

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Kadar Kolesterol Menjadi Stabil | www.pexels.com

Salah satu manfaat nanas untuk kolesterol bisa didapat dari jenis nanas madu. Nanas madu merupakan salah satu buah yang punya banyak zat gizi. Kandungan nanas yang baik bagi badan di antaranya yakni serat, mineral, vitamin, antioksidan, mangan, serta vitamin C.

Kadar vitamin C begitu penting bagi badan alasannya ialah berperan penting sebagai pengontrol kolesterol. Ketika kebutuhan vitamin C terpenuhi, kekebalan badan akan meningkat. Saat sistem imun baik, kadar kolesterol juga bisa stabil.

Apabila semula kadar kolesterol badan tinggi, manfaat nanas untuk kolesterol akan bekerja dengan cara menurunkan kadarnya. Mujarab juga, ya.

8.

Meredakan asam urat bersama lobak

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Redakan Asam Urat | unsplash.com

Perpaduan lobak dan nanas ternyata bisa membantu mengatasi asam urat, lho. Manfaat lobak putih dan nanas ini didapat dari kandungan keduanya. Jika nanas kaya akan vitamin C, maka lobak mengandung vitamin A, C, E, B1, B2, kalsium, fosfor, niasin, mangan, kolin, dan masih banyak lagi. Kandungan itu menunjang manfaat lobak putih dan nanas yang meredakan asam uratmu.

Manfaat kedua materi itu bisa dirasakan dengan cara dibentuk jus. Blender dengan mencampurk 1 buah nanas, 250 gram lobak, serta 3 butir kemiri. Blender dan minum setidaknya 3 bulan sekali untuk meredakan tanda-tanda yang muncul.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Baking Soda

9.

Mengatasi problem pencernaan

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Pencernaan Lancar | www.pexels.com

Apabila sebelumnya ada manfaat lobak putih dan nanas yang bisa meredakan asam urat, sekarang nanas juga bisa mengatasi problem sistem pencernaan manusia. Nanas mengandung serat larut dan tidak larut.

Dengan adanya kandungan itu, manfaat nanas bisa menghindarkan dari permasalahan pencernaan menyerupai diare, konstipasi, aterosklerosis, pembekuan darah, dan sindrom iritasi usus besar atau IBS. Kandungan bromelain yang menjadi manfaat nanas madu juga bisa merangsang pencernaan protein.

Ketika rutin mengonsumsi buah tersebut, nanas bisa membantu mendorong pengalihan masakan melewati kanal pencernaan di tingkat normal. Rutin saja konsumsi buahnya untuk sanggup mencicipi manfaat baiknya.

Baca juga: Manfaat Jahe Merah Ini Dijamin Baik buat Kesehatan

10.

Kontrol kesehatan jantung

Manfaat Buah Nanas yang Segar dan Manis
Menyehatkan Jantung | unsplash.com

Jantung ialah organ penting yang perlu dijaga kesehatannya. Salah satu cara menjaganya ialah dengan mengonsumsi nanas madu. Terdapat dua buah kandungan yang bisa dirasakan dari manfaat nanas madu. Kandungan itu yakni potasium dan vitamin C.

Buah yang mengandung potasium ini bisa menyeimbangkan kandungan air di tubuh. Kandungan air kerap kacau alasannya ialah banyaknya garam yang dikonsumsi manusia. Dengan menyeimbangkan kandungannya, resiko hipertensi bisa berkurang.

Kemudian manfaat nanas madu yang punya kandungan vitamin C bisa mencegah gangguan di pembuluh darah. Gangguan tersebut misalnya yakni penebalan maupun penyumbatan alasannya ialah adanya kolesterol jahat. Dengan begitu, secara tidak eksklusif manfaat buah nanas untuk kesehatan yaitu bisa mengontrol kinerja jantungmu.

Artikel Lainnya

Nanas nggak cuma lezat dimakan begitu saja, tapi juga menyehatkan. Kesepuluh manfaat buah nanas tersebut menjadi bukti jikalau buah berujung lancip itu baik bagi kesehatan manusia. Jangan lupa isi lemari es milikmu dengan nanas yang segar.