Sekelumit Sejarah Di Balik Terciptanya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Sekelumit Sejarah di Balik Terciptanya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

sejarah lagu indonesia raya
Indonesia tanah airku | keepo.me

Banyak konflik yang terjadi

Indonesia Raya selalu dinyanyikan dengan lantang setiap upacara bendera berlangsung. Setiap Senin dan di peringatan hari besar di tanah air, lagu kebangsaan rakyat Indonesia ini selalu dinyanyikan setiap bendera merah putih dikibarkan.

Tapi, tahukah kau wacana sekelimut sejarah wacana terciptanya Indonesia Raya ini? Siapa komposer, pembuat lirik dan wangsit nadanya juga menjadi topik yang ternyata belum banyak diketahui banyak orang.

Supaya kita tetap menjadi bangsa yang besar, ketahui sejarahnya. Biar kau makin lantang ketika menyanyikan lagu ini.

Lirik digodok pertama kali pada 28 Oktober 1928 oleh W. R. Supratman

sejarah lagu indonesia raya
Composer muda dan berbakat | apakabaronline.com

Lirik lagu Indonesia Raya pertama kali di-compose pada 28 Oktober 1928 malam. Di sebuah gedung yang terletak di Jalan Kramat Raya 106 Batavia, seorang cowok Wage Rudolf Supratman membuatkan lirik lagu tersebut kepada seluruh hadirin di sana.

Pada malam penutupan Kongres Pemoeda itu, Supratman berkali-kali ukiran biolanya mengiringi paduan bunyi yang menyanyikan Indonesia Raja. Dua bulan kemudian, lagu usaha tersebut menjadi amat populer.

Sedikit info wacana sang composer, Supratman ialah putra dari Sersan KNIL Djoermeno Senen Sastrosoehardjo. Dia memang sudah dikenal sebagai komponis, wartawan, dan penulis muda yang berbakat.

Berkat lingkar pertemanan yang cukup luas di kalangan anak muda. Hatinya tergerak untuk membuat Indonesia Raya. Seperti musisi pada umumnya, composer muda ini terinspirasi dari lagu La Marseille ciptaan Rouget de L’isle yang dirilis pada 1922.

Pelarangan, penangkapan, dan interogasi

sejarah lagu indonesia raya
Kontroversial | www.alamyimages.fr

Setelah dimainkan pertama kali, Indonesia Raya jadi semakin terkenal dan diperbincangkan banyak orang. Pada 1930, lagu ini sempat menghebohkan pemerintahan belanda dan sempat dihentikan untuk dinyanyikan di publik.

Alasannya sebab dianggap mengganggu ketertiban dan keamanan. Supratman diinterogasi dan ditanya mengapa menggunakan kata “merdeka” . menurutnya, lirik itu diubah cowok lainnya untuk menggantikan kata “moelia”.

Protes pun berdatangan. Bahkan pihak volksraad hingga ikut turun tangan. Akhirnya, lagu Indonesia Raya boleh dinyanyikan di dalam ruangan dan menghilangkan lirik “merdeka”.

Baca juga: Dokumentasi dan Bukti Kebengisan Pemerintahan Jepang di Perang Asia Pasifik

Perubahan lirik ketika invasi Jepang

sejarah lagu indonesia raya
Panitia khusus | id.pinterest.com

Pada 1942, Jepang tiba untuk menginvasi Indonesia sesudah dikuasi oleh Belanda selama 3,5 abad. Jepang sempat mengudarakan lagu ini lewat Radio Jepang. Tujuannya untuk mengambil hati “saudara mudanya”. Setelah itu, Indonesia Raya kembali dihentikan untuk dinyanyikan.

Baca juga: Film Jepang yang Bikin Sedih dan Baper

Naskah lirik orisinil bikinan Supratman yang dibuat pada 1928 kemudian diubah beberapa katanya. Namun, perubahan cukup besar terjadi pada refrain. Yang awalnya:

Indones’, Indones’ moelia moelia

Tanahkoe, negrikoe yang koetjinta

Indones’, Indones’ moelia moelia

Hidoeplah Indonesia raja

Diubah menjadi:

Indonesia Raya, merdeka merdeka

Tanahku, negeriku yang kucinta

Indonesia Raya, merdeka merdeka

Hiduplah Indonesia Raya

Setelah Jepang angkat kaki dari Indonesia, dibentuklah Panitia Indonesia Raya pada 16 November 1948. Fungsi dari panitia ini ialah untuk mengeluarkan peraturan pemerintah wacana lagu Indonesia Raya. Ada enam cuilan khusus yang mengatur tata tertib, keseragaman nada, irama, kata, dan gubahan dari lagu kebangsaan nasional ini.

Artikel Lainnya

Indonesia Raya yang dinyanyikan kini sudah melewati banyak proses. Inspirasi, pembuatan dan editing lirik, hingga kontroversi dari negara dua negara yang menjajah tanah air. Sudah tidak ada alasann untuk menyanyikan lagunya secara malas-malasan!