Serba-Serbi E-Ktp Sekaligus Tutorial Cek Ktp Online

Serba-serbi e-KTP Sekaligus Tutorial Cek KTP Online

Cara Cek KTP Online Terbaru
Kartu Tanda Pengenal | www.suarapemredkalbar.com

Cek KTP online dan offline jadi gampang dengan tutorial ini!

Kartu Tanda Penduduk atau KTP yaitu kartu identitas diri warga Indonesia. Kartu yang satu ini mengalami perubahan menjadi e-KTP atau electronic-KTP semenjak 2015. Awalnya, e-KTP diterapkan di empat kota besar di Indonesia yakni Denpasar, Makassar, Yogyakarta, dan Padang.

Karena dibilang sukses, KTP terbaru itu kesudahannya diberlakukan di seluruh Indonesia. Karena semua datanya berbasis online, kau juga bisa mengecek e-KTP tersebut secara online. Di bawah ini dijelaskan detail perihal e-KTP termasuk cek KTP online.

e-KTP yang lebih kondusif dari KTP biasa

Kalau belum punya e-KTP padahal usiamu sudah 17 tahun, ada baiknya untuk segera mengurusnya. Perekaman datanya tidak memakan waktu lama. Biaya pembuatan e KTP yaitu nol rupiah alias gratis. Makara kau tak perlu memikirkan dari segi biayanya.

Kelebihan e-KTP dibandingkan KTP biasa

Cara Cek KTP Online Terbaru
e-KTP | www.aturduit.com

Jika KTP biasa digantikan dengan e-KTP, artinya kartu identitas itu lebih anggun kualitasnya. Pergantian itu dilakukan lantaran banyaknya inovasi KTP ganda yang bisa disalahgunakan. KTP ganda tersebut biasanya digunakan untuk menghindari pembayaran pajak, menyembunyikan identitas diri, atau melaksanakan tindak kejahatan lainnya.

Maka dari itu untuk memperlihatkan keamanan lebih bagi masyarakat, digunakan e-KTP yang dinilai lebih kondusif lantaran datanya sulit dimanipulasi. Kelebihan e KTP yaitu bisa dilihat dari NIK-nya.

Satu warga negara hanya mempunyai satu NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Nomor Induk Kependudukan sifatnya tunggal dan unik. Itu artinya nomor tersebut mustahil sama atau kembar dengan orang lain. NIK terdiri dari 16 digit angka yang terletak pada penggalan atas kartunya.

Cara Cek KTP Online Terbaru
NIK di e-KTP | www.brilio.net

16 digit tersebut terdiri dari 2 digit pertama dari instruksi Provinsi tempat tinggal, 2 digit selanjutnya yaitu instruksi Kabupaten atau Kotamadya, 2 setelahnya yaitu instruksi Kecamatan. 2 digit berikutnya tanggal lahir, 2 angka bulan lahir (khusus perempuan diberi pelengkap +40), 2 lainnya tahun lahir, dan tiga digit terakhir yaitu Nomor Registrasi Kependudukan.

NIK dijadikan sebagai dasar atau teladan untuk menciptakan dokumen penting lainnya. Seperti menciptakan paspor, NPWP, membuka rekening bank, dan SIM. Selain itu, jikalau KTP dulu hanya berlaku 5 tahun, e-KTP bisa digunakan seumur hidup.

e-KTP terintegrasi eksklusif dengan database kependudukan yang dimiliki Kementerian Dalam negeri. Dengan menggunakan e-KTP, tingkat akurasi data kependudukan akan meningkat. Kamu juga tak perlu khawatir datamu rentan bocor lantaran tingkat keamanannya terbilang tinggi.

Baca juga: Membuat Tato KTP di Tangan, Alasan Pria Ini Bikin Ngakak

Cara Cek KTP Online Terbaru
Contoh KTP India | netz.id

KTP jenis ini diklaim lebih canggih dari kartu identitas warga India ataupun Tiongkok. Hal itu dikarenakan e-KTP dilengkapi dengan chip dan biometrik. Ditilik dari segi keamanan, kartu ini terbilang sulit digandakan.

Saat perekaman data e-KTP, sepuluh jari tangan akan direkam oleh petugas, namun hanya sidik jari jempol dan telunjuk kanan saja yang datanya masuk ke chip. Penggunaan sidik jari tersebut bertujuan sebagai identitas dirimu. Hal itu akan memudahkan pendatan lantaran tidak ada sidik jari yang sama di dunia ini.

Sanksi jikalau tidak punya e-KTP

Cara Cek KTP Online Terbaru
Kartu SIM | www.indonesia.go.id

Di Indonesia, aturan mempunyai e KTP yaitu wajib. Setiap warga negara yang usianya sudah cukup wajib melaksanakan perekaman. Baik itu perempuan maupun laki-laki, tidak ada pengecualiannya. Jika tidak melakukannya maka data milikmu akan diblokir.

Ketika data diblokir, kau bisa mengalami kesulitan dalam mengakses layanan publik yang berbasis NIK. Beberapa layanan yang akan bermasalah yaitu SIM, izin usaha, surat nikah, BPJS, perbankan, izin mendirikan bangunan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Itu sebabnya penting sekali mempunyai e-KTP.

Bac juga: KTP Versi Baru Bisa Ubah Kolom Agama Makara “Kepercayaan”

Syarat mempunyai e-KTP

Cara Cek KTP Online Terbaru
Syarat Pembuatan e-KTP | nasional.kompas.com

Jika kau belum punya e-KTP, maka simak syarat pembuatannya di bawah ini:

  1. Usia minimal 17 tahun
  2. Membawa surat pengantar dari kelurahan atau kepala desa
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Mengisi formulir F1.01 yang nantinya ditandatangani kelurahan atau kepala desa. Formulir itu ditujukan bagi mereka yang belum pernah mengisi data atau datanya belum ada di sistem isu manajemen kependudukan

Prosedur pembuatan e-KTP

Cara Cek KTP Online Terbaru
Perekaman Sidik Jari | infopublik.id

Jika semua syarat sudah dipenuhi, ikuti mekanisme pembuatan e-KTP berikut ini:

  1. Pemohon tiba ke tempat pelayanan dengan membawa syaratnya
  2. Pemohon mengambil nomor antrian dan menunggu dipanggil
  3. Pemohon menuju ke loket yang disediakan
  4. Petugas melaksanakan verifikasi data penduduk
  5. Pemohon melaksanakan pengambilan foto yang dibantu petugas
  6. Pemohon memperlihatkan tanda tangan di alat perekam yang telah disediakan
  7. Pemohon melaksanakan perekaman sidik jari dan pemindaian retina mata
  8. Petugas memperlihatkan tanda tangan serta stampel di surat panggilan. Surat tersebut menjadi bukti jikalau pemohon sudah melaksanakan perekaman sidik jari, foto, dan tanda tangan
  9. Pemohon dipersilakan pulang untuk menunggu hasil pencetakannya

Baca juga: Cara Membuat NPWP Online Bagi Pemula

Cek NIK KTP

Cara Cek KTP Online Terbaru
Peremakan Retina Mata | nasional.tempo.co

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada hal menarik dari e-KTP. Yang menarik dari e KTP yaitu adanya NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Nomor tersebut penting dan perlu dicek.

Jika ada perbedaan dengan data di Dukcapil dengan yang tertera di kartu, maka bisa menyulitkanmu terutama bagi yang akan mendaftar CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil. Untuk mengeceknya, kau bisa melaksanakan salah satu dari cara cek NIK KTP online di bawah ini:

1. Lewat situs resmi Disdukcapil

Cara Cek KTP Online Terbaru
e-KTP dan Mesin Perekaman Sidik Jari | radarlampung.co.id

Cara cek KTP online yang paling kondusif yaitu melalui situs resmi dari Disdukcapil Daerah. Disdukcapil atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memang menyediakan situs resmi namun ternyata tidak semua kawasan menyediakannya.

Untuk mencari situs resmi dari Disdukcapil Daerah tempatmu tinggal bisa dicari dengan menggunakan kata kunci “Cek NIK KTP Online (daerahmu)”. Pastikan jikalau laman resmi yang dibuka untuk caritahu KTP online tersebut domain-nya yaitu .go.id.

Baca juga: Cara Cek Tagihan Listrik Semudah Lewat Smartphone

2. Menggunakan media sosial

Cara Cek KTP Online Terbaru
Media Sosial Dukcapil | dukcapil.padangpariamankab.go.id

Selain Disdukcapil Daerah, kau bisa memanfaatkan media umum untuk mencaritahu NIK KTP online-mu. Adapun media umum yang bisa digunakan di cara cek KTP online ini adalah:

Facebook: Halo Dukcapil

Twitter: @ccdukcapil

Namun perlu dipahami demi kemanan semua pihak akan lebih baik jikalau pesan menanyakan perihal NIK tersebut dikirimkan secara pribadi alias private. Mencantumkan data kependudukan secara terbuka di kolom komentar bisa memicu hal negatif yang sanggup merugikanmu.

Cek NIK KTP online ini bisa melalui inbox atau DM (Direct Message) semoga data yang diberikan tidak bisa dilihat oleh orang lain. Jadi, jangan bertanya pada kolom komentar, ya.

3. Melalui e-mail

Cara Cek KTP Online Terbaru
Cek Lewat e-mail | tirto.id

Selain media umum Facebook dan Twitter, kau masih bisa menanyakannya melalui surat elektronik alias e-mail. Dukcapil menyediakan alamat e-mail yang bisa kau manfaatkan untuk bertanya mengenai cek KTP online.

Akan tetapi jikalau menanyakannya lewat e-mail maka kau harus sedikit bersabar lantaran prosesnya tidak sebentar. Pihak Dukcapil biasanya akan membalas e-mail tersebut sehabis 24 jam. Cara cek KTP online melalui e-mail bisa mengirim pesannya ke [email protected]

Baca juga: Cara Belanja di Amazon Lengkap dengan dan Tanpa Kartu Kredit 

4. Tanya lewat pesan singkat

Cara Cek KTP Online Terbaru
Cek e-KTP Via WhatsApp | www.cnnindonesia.com

Dukcapil memang memudahkan siapapun yang ingin cek NIK KTP online. Selain melalui situs resminya, Facebook, Twitter, dan e-mail kau masih bisa mengeceknya melalui pesan singkat lewat SMS atau WhatsApp. Untuk mencoba cara cek KTP online yang satu ini, gunakan format berikut ini:

  • #NIK
  • #Nama_Lengkap
  • #Nomor_Kartu_Keluarga
  • #Nomor_Telp
  • #Keluhan

Baca juga: Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lewat SMS dan Website

5. Call center sebagai solusi selanjutnya

Cara Cek KTP Online Terbaru
Menelpon Dukcapil | tirto.id

Jika keempat cara di atas belum membuahkan hasil, kau bisa menelpon Dukcapil sebagai solusi periksa KTP online selanjutnya. Hubungi saja call center Dukcapil dengan menekan nomor 1500537.

Kamu bisa melaksanakan panggilan di hari dan jam kerja. Makara lihat-lihat waktu dulu, jangan asal telepon jikalau tidak mau diabaikan. Jangan lupa siapkan identitas diri sebelum mulai menelponnya, ya.

6. Cek NIK KTP offline

Cara Cek KTP Online Terbaru
Dukcapil | m.semedan.com

Kamu tidak hanya bisa mencoba cara cek KTP online saja. Mengeceknya secara offline juga bisa. Caraya yaitu datangi eksklusif Dinas Dukcapil terdekat sembari membawa KTP milikmu. Kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan mesin card reader e-KTP khusus. Mesin itu bisa membaca chip dalam kartu KTP-mu. Canggih, ‘kan?

Artikel Lainnya

Itulah klarifikasi mengenai e-KTP termasuk di antaranya 6 langkah gampang untuk cek KTP online. Dengan melaksanakan pengecekan, kau bisa memastikan jikalau datanya tidak salah. Jika semua data benar maka bisa memudahkanmu dalam mengurus dokumen penting lainnya.