Tanpa Backstory Rumit, 7 Film Perang Ini Dapat Jadi Media Mencar Ilmu Sejarah

Tanpa Backstory Rumit, 7 Film Perang Ini Bisa Makara Media Belajar Sejarah

film perang terbaik sepanjang masa
Seru ditonton sendirian | keepo.me

Nggak bikin bosen meski ditonton sendiri

Perang merupakan satu tema yang cukup sering diangkat film maker di karyanya. Yang berkaitan dengan perang dan konflik besar di dunia, sering jadi favorit banyak orang. Misalnya yang mengangkat perihal Perang Dunia dan konflik Perang Irak-Amerika.

Namun, berbekal kisah dan latar yang menarik saja nggak cukup. Buktinya, banyak film perang yang gagal bahkan dicap buruk. Bisa alasannya yaitu terlalu bertele-tele atau akurasinya yang minim dan menciptakan para movie enthusiasts kurang respek.

Film perang terbaik di bawah ini dijamin nggak akan bikin kau mengerutkan dahi alasannya yaitu cringe moment-nya. Akurasi tepat, perpaduan drama dan agresi memukau tanpa backstory yang kepanjangan, layar lebar ini tetap asik walau kau tonton sendirian di kamar.

1.

6 Days, film klaustrofobik berhasil mempermainkan emosi penonton

film perang terbaik sepanjang masa
6 Days | medium.com

6 Days diangkat dari tragedi faktual yang pernah terjadi di Inggris. Di siang bolong yang tenang, sekelompok laki-laki yang mengaku sebagai etnis Arab yang tinggal di wilayah Iran, melaksanakan penyerangan di Kedutaan Besar Iran di London. Siapapun yang ada di kantor disandera.

Misi evakuasi pun melibatkan pasukan khusus. Tenaga seorang negosiator sangat diharapkan untuk meminimalisir adanya kontak senjata dan penggunaan kekerasan. Film ini mengambil latar di dua gedung, sehingga kesan yang diperlihatkan sangat klaustrofobik.

Namun dengan cara itulah film ini berhasil mempermainkan emosi penonton, dari awal sampai final film. Tak ada backstory yang bertele-tele, sehingga plotnya melaju dengan kecepatan yang tepat.

Link download film 6 Days

2.

Sand Castle, film reflektif yang bikin kita merenung

film perang terbaik sepanjang masa
Sand Castle | thefilmstage.com

Meski berlatar peperangan lengkap dengan aksi-aksi menegangkan, film ini terkadang mengajak penonton waspada. Lebih tepatnya lebih mawas diri lewat permainan tabiat yang ditampilkan dengan apik oleh Nicolas Hoult selaku lakon utama.

Ia berperan sebagai seorang tentara Amerika Serikat yang ditugaskan memperbaiki akses air yang rusak alasannya yaitu hantaman bom Amerika Serikat di Iran. Namun kiprah yang terlihat sederhana itu tidak semudah bayangannya. Meski dikemas dalam bentuk plot maju, film ini tak sedikitpun menciptakan penontonnya bosan.

Link download film Sand Castle

3.

Dunkirk berhasil memukau penonton lewat lanskapnya yang ciamik

film perang terbaik sepanjang masa
Dunkirk | www.seattletimes.com

Christopher Nolan berhasil menciptakan film perang dengan lanskap yang memukau lewat Dunkirk. Ini menciptakan orang tidak hanya menikmati cerita, tetapi juga color grading dan sinematografi di atas rata-rata. Meski operasi Dunkirk pada Perang Dunia II sudah berkali-kali dijadikan karya, film rilisan 2017 ini nggak bikin penonton bosan.

Dengan adegan dramatis dan obrolan yang tak terlalu banyak, penonton pun larut dalam ketegangan yang mungkin sama dengan apa yang dirasakan para tentara sekutu yang terjebak di Dunkirk ketika itu. 

Link download film Dunkirk

Baca juga: Game Perang Terbaik di Andorid 2019 

4.

Journey’s End yang ungkap fakta kejam perang di masa lalu

film perang terbaik sepanjang masa
Journey’s End | www.rollingstone.com

Setelah menonton film ini, kau mungkin akan berpikir dua kali untuk bilang Perang Dunia II lebih kejam dan parah dari Perang Dunia I. Memang pengaruh Perang Dunia II jauh lebih besar dari Perang Dunia di Eropa, ingat lagi bahwa Perang Dunia I melibatkan seni administrasi perang parit yang membunuh banyak tentara.

Musuh para tentara bukan hanya peluru dan bom, tetapi penyakit serta senjata biologis yang ketika itu belum dilarang. Film yang dibintangi Sam Claflin dan Asa Butterfield ini memadukan drama dan agresi yang disajikan tanpa banyak backstory yang bikin bosan.

Link download film Journey’s End

5.

Beast of No Nation, nasib bawah umur di wilayah konflik

film perang terbaik sepanjang masa
Beast of No Nation | www.hollywoodreporter.com

Pernah dengar tentara anak-anak? Mungkin ini tidak pernah terjadi dalam Perang Dunia atau konflik di Asia, melainkan banyak terjadi di Afrika dan Timur Tengah. Anak laki-laki, diambil dari keluarga dan dilatih menjadi tentara atau militan.  Usia yang sebetulnya tak lazim untuk dikenalkan pada kekerasan dan senjata api.

Film ini mengisahkan perjalanan seorang anak di sebuah negara Afrika yang harus menjalani hidupnya dipaksa menjadi tentara oleh kelompok militan yang telah membunuh keluarganya.

Link download film Beast of No Nation

6.

Unbroken, salah satu film terbaik karya Angelina Jolie

film perang terbaik sepanjang masa
Unbroken | www.hollywoodreporter.com

Sukses dengan beberapa film bertema sejarah, Angelina Jolie kembali beraksi. Mengangkat kisah faktual seorang veteran perang Amerika Serikat yang sempat menjadi tawanan Jepang di sebuah pulau terpencil.

Saat menjadi tawanan, ia dan kawannya menerima perlakuan tak manusiawi yang membuatnya depresi dan stress berat sampai masa tuanya. Film ini dibentuk dengan alur maju mundur yang memungkinkanmu untuk tahu beberapa kenangan sang tokoh lewat kilasan ingatan.

Link download film Unbroken

7.

Sisi lain kehidupan tentara yang ternyata nggak segarang bayanganmu cuma ada di American Sniper

film perang terbaik sepanjang masa
An American Sniper | www.hollywoodreporter.com

Mirip dengan Unbroken, film American Sniper ini tidak banyak memakai backstory dalam adegannya. Ingatan-ingatannya muncul lewat kilasan yang membuatnya makin menarik. Film sniper terbaik ini merupakan biografi Chris Kyle, seorang sniper Amerika Serikat yang ditugaskan di beberapa operasi di Irak selama beberapa tahun.

Ia sering mencicipi problem dan perasaan bersalah selama menjalani tugasnya. Film sniper terbaik ini pun mengisahkan kegusaran dan aneka macam pilihan sulit yang harus ia hadapi di medan perang.

Link download film American Sniper

Baca juga: Film Kolosal Kekaisaran Romawi dan Yunani Kuno Terbaik 

Artikel Lainnya

Tanpa perlu berguru dan browsing lebih dalam perihal sejarah perangnya, kau tetap bisa mengikuti ceritanya dengan menonton dari awal sampai final film. Dari kesepuluh film perang yang sudah disebutkan, mana yang paling asik menurutmu?