Temui Raja Salman Ketika Era Hening Kampanye, Ini Fakta Kunjungan Joko Widodo Ke Arab Saudi!

Temui Raja Salman Saat Masa Tenang Kampanye, Ini Fakta Kunjungan Jokowi Ke Arab Saudi!

Jokowi Kunjungi Raja Salman Di Masa Tenang Kampanye
Presiden Joko Widodo ketika bertemu dengan Raja Salman di Istana Pribadi Raja, Riyadh, Minggu (14/4). | news.detik.com

Kirim doa jelang pemungutan bunyi di tanah suci?

Presiden RI yang juga menjadi calon petahana Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan kunjungan ke Arab Saudi ketika memasuki masa hening kampanye jelang pemilu 17 April mendatang.

Agenda utama Jokowi pun diketahui untuk menunaikan ibadah umrah bersama ibu negara Iriana di tanah suci. Namun, kunjungan ini juga untuk menyanggupi usul kenegaraan dari pemimpin tertinggi Arab Saudi, Raja Salman.

Lalu, apa saja fakta dalam kunjungan Jokowi ke Arab Saudi ya?

1.

Tunaikan ibadah umrah

Jokowi Kunjungi Raja Salman Di Masa Tenang Kampanye
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana lakukan kunjungan ke Istana Pribadi Raja pasca umrah. | setkab.go.id

Dilansir dari detikcom, Minggu (14/4), Presiden Jokowi bertolak menuju Arab Saudi bersama dengan ibu negara Iriana pasca melaksanakan debat capres kelima.

Perjalanan Jokowi kali ini ke Arab Saudi pun diketahui untuk menunaikan ibadah umrah bersama dengan keluarganya.

“Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan menunaikan ibadah umrah,” terang Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin lewat keterangan tertulis.

2.

Dijamu oleh Raja Salman

Jokowi Kunjungi Raja Salman Di Masa Tenang Kampanye
Presiden Jokowi mendapat jamuan makan siang di Istana Pribadi Raja, Riyadh. | setkab.go.id

Presiden Jokowi juga mendapat usul penting dari Raja Salman untuk sanggup hadir di Istana Pribadi Raja ketika berkunjung ke Arab Saudi.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi pun mendapat jamuan makan siang dengan masakan khas Timur Tengah, antara lain sup harira, daging iga sapi, sampai nasi mandhi.

Jokowi dan Raja Salman pun sempat terlibat dalam perbincangan singkat di ruang tunggu utama istana sebelum menyantap hidangan siang.

“Saya merasa berbahagia sekali alasannya yaitu ini diundang Sri Baginda Raja ke Istana ini,” ucap Jokowi pada Raja Salman dikutip dari ANTARA, Minggu (14/4).

3.

Ajak Gibran dan Kaesang

Jokowi Kunjungi Raja Salman Di Masa Tenang Kampanye
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana dan kedua anaknya, Kaesang dan Gibran ketika berfoto bersama Raja Salman. | www.instagram.com

Jokowi pun tidak hanya mengajak istrinya saja dalam lawatannya ke Arab Saudi. Kedua anaknya, Gibran dan Kaesang juga ikut serta dalam menunaikan ibadah umrah.

Kedua putra Presiden Republik Indonesia itu juga mendapat kesempatan untuk sanggup bertemu eksklusif dengan Raja Salman di Istana Pribadi Raja di Riyadh.

“Saya – Ibu Negara, Gibran dan Kaesang – siang ini bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi RaJa di Riyadh, Arab Saudi,” tulis Jokowi di akun Instagram miliknya.

4.

Kesepakatan kolaborasi ekonomi

Jokowi Kunjungi Raja Salman Di Masa Tenang Kampanye
Pertemuan Raja Salman dengan Presiden Jokowi juga membicarakan komitmen antar dua negara. | rri.co.id

Beberapa komitmen pun berhasil dicapai dalam pertemuan yang juga dihadiri Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan juga Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Salah satu komitmen yang berhasil dicapai dua kepala negara tersebut yaitu peningkatan kolaborasi dalam bidang ekonomi.

“Presiden Jokowi dan Raja Salman setuju ke depan, kolaborasi ekonomi akan terus ditingkatkan, terutama di bidang energi dan pariwisata,” ucap Menlu Retno dikutip dari ANTARA, Minggu (14/4).

Artikel Lainnya

Kunjungan Presiden Jokowi bersama keluarga ke Arab Saudi memang cukup mendapat sorotan publik alasannya yaitu dilakukan pasca debat capres kelima dan ketika suhu panas politik jelang pemilu.

Namun, dibalik tujuan beribadah yang dilakukan Jokowi dan keluarga.

Semoga kunjungan dan pertemuan dengan Raja Salman ini benar-benar sanggup menciptakan korelasi Indonesia dengan Arab Saudi semakin besar lengan berkuasa dan harmonis.