The Art Of Listening, Ini 4 Hal Penting Buatmu Yang Sedang Mencar Ilmu Musik

The Art of Listening, Ini 4 Hal Penting Buatmu yang Sedang Belajar Musik

Mempelajari musik
Mempelajari musik | www.pexels.com

Bermanfaat banget lho!

Musik merupakan hal yang nggak absurd di pendengaran dan banyak orang yang suka mendengarkan, bahkan benar-benar mendalami seni satu ini. Musik nggak hanya memperlihatkan manfaat kepada para pendengarnya, namun bagi para pelakunya. Bagi pendengar, musik mempunyai manfaat, antara lain meningkatkan produktifitas kerja, memperbaiki mood, menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan kreatifitas. Keren, kan? Lalu bagaimana dengan para musisi atau kau yang sedang menggeluti hal ini? Apa saja hal yang sanggup kau dapatkan ketika menekuni dan mempelajari musik? Berikut penjelasannya!

1.

Mempelajari musik bukan hanya untuk kepentingan musik tersebut, melainkan juga akan berdampak pada aspek personal dan sosial

Mempelajari musik
Mempelajari musik | keepo.me

Dampak besar dari proses berguru musik bagi para pelaku (pelajar dan pengajar) yakni timbulnya rasa ingin tahu, meningkatnya kreatifitas, dan bertambahnya relasi. Intinya, proses berguru musik nggak hanya mendapat pengetahuan perihal musik, melainkan berkontribusi dalam proses pengembangan diri, baik secara personal dan relasional antara pengajar dan pelajar.

Artikel Lainnya

2.

The art of listening merupakan bab penting dalam mempelajari musik. Ini penjelasannya!

Mempelajari musik
Mempelajari musik | keepo.me

Seni mendengar (the art of listening) menjadi bab penting dalam mempelajari musik. Apalagi kita tahu bahwa musik hakikatnya yakni bunyi. Dalam aspek pendidikan musik, musisi nggak hanya diharuskan peka terhadap suara musik, namun juga harus peka dalam “mendengar” dunia di sekelilingnya.

3.

Bagaimana proses berguru musik sanggup melibatkan hal-hal baru, khususnya pada ranah teknologi.

Mempelajari musik
Mempelajari musik | keepo.me

Di zaman sekarang, teknologi memainkan peranan yang cukup penting dalam peradaban manusia. Sehingga, untuk menarik minat para generasi modern dalam mempelajari musik. penting untuk melibatkan teknologi dalam proses belajar-mengajar musik itu sendiri semoga proses berguru sanggup menjadi semakin efektif.

4.

Ternyata mempelajari musik akan lebih efektif dan efisien bila dilakukan dalam sebuah kelompok lho

Mempelajari musik
Mempelajari Musik | keepo.me

Dalam proses mempelajari musik, rasanya memang lebih efektif dan efisien bila dilakukan gotong royong atau berkelompok. Bukan semata-mata antara pengajar dan pelajar, namun juga antara pengajar-pengajar, atau pelajar-pelajar. Metode ini terperinci bermanfaat dalam membangun ikatan berpengaruh antar sesama musisi baik dalam bidang musik, maupun dalam aspek-aspek sosial lainnya. Nggak hanya itu, proses pertukaran pandangan gres dan pengetahuan pun akan menjadi lebih efektif.

Nah, pentingnya mempelajari musik inilah yang menjadi pintu masuk dalam memulai diskusi dan workshop oleh Associated Board of the Royal Schools of Music (ABRSM) di conference SEAMEX (Southeast Asia Music Education Exchange) 2019. Diskusi dengan topik besar ini dipaparkan oleh ketua direktur ABRSM, Lincoln Abbotts pada event SEAMEX 2019 yang sukses diselenggarakan pada 6-8 September 2019 di Museum Nasional Jogja, Yogyakarta.

Sebagai marketplace pertama untuk pendidikan musik di Asia Tenggara, pada gelaran ketiganya tahun ini SEAMEX 2019 mengangkat tema “Music, Sphere, and Interconnected Generations” yang sejalan dengan visi SEAMEX sebagai platform pertukaran pendidikan musik pertama di Asia Tenggara.