Tkn Temukan 14.843 Dugaan Kecurangan Untungkan Prabowo, Sandiaga: Silahkan Dilaporkan

TKN Temukan 14.843 Dugaan Kecurangan Untungkan Prabowo, Sandiaga: Silahkan Dilaporkan

Sandiaga Sarankan TKN Laporkan Kecurangan
Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno. | www.radarcirebon.com

Sandiaga Uno sarankan TKN segera laporkan temuan kecurangan.

Calon wakil presiden 02, Sandiaga Uno menunjukkan jawaban terkait temuan 14.843 dugaan kecurangan yang menguntungkan Prabowo-Sandi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

Dirinya pun mendorong semoga TKN sanggup segera melaporkan hal tersebut pada pihak-pihak yang mempunyai kewenangan dalam kontestasi Pilpres. Dengan begitu, Sandiaga berharap pemilihan umum sanggup berjalan jujur dan adil.

Lalu, bagaimana jawaban lengkap Sandiaga Uno terkait dugaan kecurangan yang untungkan pihaknya?

1.

Persilahkan TKN laporkan temuan

Sandiaga Sarankan TKN Laporkan Kecurangan
Sandiaga Uno ketika memakai hak suaranya di TPS 002 Selong, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019). | www.liputan6.com

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (2/5), Sandiaga Uno meminta TKN laporkan hasil temuan dugaan kecurangan yang didapatkan.

Hal ini berdasarkan Sandiaga demi membuat budaya pemilihan umum yang jujur dan adil maka temuan kecurangan sekecil apapun harus dilaporkan.

“Silakan dilaporkan sebab kita ingin pemilu yang jujur dan adil. Kalau ada laporan tersebut, harus dilaporkan,” ucap Sandiaga.

2.

Akui jikalau kecurangan tidak menimpa kubu 02 saja

Sandiaga Sarankan TKN Laporkan Kecurangan
Sandiaga Uno ketika memaparkan visi misi dan kegiatan dalam debat Capres-Cawapres beberapa waktu lalu. | megapolitan.kompas.com

Sandiaga Uno pun mengakui jikalau yang terkena imbas kecurangan bukan hanya pasangan Prabowo-Sandi saja tetapi juga pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Sandiaga kemudian mengajak pada semua pihak untuk mengawal proses pemilu ini secara gotong royong semoga tidak merugikan salah satu pihak.

“Ini (kecurangan) bukan hanya keluhan 02, tapi 01 juga ternyata ada. Presiden Jokowi juga menyampaikan ada kecurangan. Oleh sebab itu mari kita kawal sama-sama,” ajak Sandiaga.

3.

Ungkap 14.843 dugaan kecurangan

Sandiaga Sarankan TKN Laporkan Kecurangan
Direktorat Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional Jokowi Ma’ruf memberikan temuan kecurangan untungkan Prabowo-Sandi, Rabu (1/5) lalu. | nasional.kompas.com

TKN Jokowi-Ma’ruf lewat Direktorat Hukum dan Advokasinya mengungkapkan jikalau sudah ada 14.843 laporan yang masuk terkait adanya dugaan kecurangan yang menguntungkan pasangan Prabowo-Sandi.

Pos pengaduan yang dibuka semenjak 9 April 2019 itu pun mendapatkan aduan yang berasal dari laporan seluruh posko di penjuru Indonesia.

“Ada 14.843 laporan pengaduan yag masuk melalui posko pengaduan ini, hampir di seluruh nasional, Indonesia, mulai dari Aceh hingga dengan Papua,” ucap Direktur Hukum dan Advokasi TKN, Ade Irfan Pulungan ketika konferensi pers di Rumah Cemara, Rabu (1/5).

4.

Ajak melaporkan bersama

Sandiaga Sarankan TKN Laporkan Kecurangan
Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma’ruf, Ade Irfan Pulungan. | nasional.kompas.com

TKN Jokowi-Ma’ruf juga mengajak tim BPN Prabowo-Sandi untuk membuat laporan bersama terkait temuan dugaan kecurangan dalam Pemilu.

Namun, TKN berharap BPN sanggup melaksanakan pelaporan dan pembuktian kecurangan lewat prosedur aturan yang sesuai dengan Undang-Undang.

“Saya mengajak kepada teman-teman, sanggup saja mungkin dari Direktorat Hukum di paslon 02, kita sama-sama laporkan kalau memang ada dugaan pelanggaran, ada dugaan kecurangan, kita sama-sama melaporkannya ke Bawaslu,” ucap Ade.

Artikel Lainnya

Dugaan kecurangan memang menjadi info paling panas di Pemilu 2019 kali ini. Pihak TKN maupun BPN pun sudah mengklaim mendapatkan laporan dugaan kecurangan di masing-masing posko.

Namun, semoga kedua pihak sanggup melaksanakan pembuktian dan mengedepankan prosedur aturan demokrasi yang berjalan di Indonesia. Sehingga, pemilihan yang jujur, adil, transparan dan bebas sanggup benar-benar tercipta.