Update – Joko Widodo Dan Prabowo Bersaing Ketat Di Situng Kpu. Ini Hasil Terbarunya!

UPDATE – Jokowi dan Prabowo Bersaing Ketat di Situng KPU. Ini Hasil Terbarunya!

Hasil Situng KPU Prabowo Jokowi
Capres 01 Joko Widodo dan Capres 02 Prabowo Subianto jelang debat kedua Pilpres 2019. | www.bbc.com

Sementara bunyi masuk ke KPU sudah 1%.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menciptakan rilis hasil sementara penghitungan bunyi Pilpres 2019 lewat situs resmi miliknya, yaitu pemilu2019.kpu.go.id.

Hasil penghitungan bunyi real count yang dilakukan oleh KPU ini pun menunjukkan persaingan ketat antara pasangan Jokowi-Ma’ruf dengan Prabowo-Sandi untuk sanggup menduduki posisi RI 1 dan RI 2.

Lalu, siapakah yang berhasil unggul sementara di Situng KPU ini? Berikut laporannya.

1.

Penghitungan Situng KPU

Hasil Situng KPU Prabowo Jokowi
Proses simulasi aplikasi Situng KPU yang dilaksanakan di Media Center KPU Kuningan, Senin 25 Juni 2018. | kpu-kuningankab.go.id

Dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (18/4), KPU menciptakan sebuah sistem penghitungan real count yang sanggup diakses siapapun berjulukan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU.

Situng KPU sendiri menjadi salah satu penghitung bunyi resmi yang memakai metode pemindaian pada form C1 yang mencatat hasil pemungutan bunyi di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Cara ini pun sediki berbeda dengan hasil quick count beberapa forum survei yang sudah rilis di publik yang memakai cara sampling di setiap TPS.

Namun, walaupun Situng KPU merupakan salah satu real count resmi yang selalu terupdate, pihak KPU tetap akan menyebabkan rekapitulasi fisik berjenjang sebagai hasil final yang sah dalam Pemilu 2019.

2.

Prabowo sempat unggul

Hasil Situng KPU Prabowo Jokowi
Hasil Situng KPU per Rabu (17/4) pukul 21.11 WIB. | pemilu2019.kpu.go.id

Dilihat dari situs pemilu2019.kpu.go.id pada Rabu (17/4) pukul 20.00 WIB, pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi sempat unggul cukup jauh dari pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf.

Prabowo-Sandi pun berhasil mendapatkan 53,94 persen bunyi sedangkan Jokowi-Ma’ruf hanya berhasil mengumpulkan 46,06 persen suara.

Hasil ini didapat sehabis KPU mendapatkan bunyi masuk sebesar 0,00381% dari 813.350 TPS yang tersebar di seluruh Indonesia.

3.

Tidak lama, Jokowi menyalip Prabowo

Hasil Situng KPU Prabowo Jokowi
Capres 01 Joko Widodo ketika bertemu Capres 02 Prabowo Subianto dalam penentuan nomor urut. | www.bbc.com

Namun, situasi persaingan mulai berubah sehabis bunyi masuk yang semakin bertambah banyak di Situng KPU pada 18 April 2019 pukul pukul 07.30 WIB.

Dilansir dari CNN Indonesia, Jokowi-Ma’ruf pun sementara ini berhasil menyalip dengan perolehan bunyi mencapai 55,79 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi harus tertinggal sehabis hanya meraih 44,21 persen suara.

Hasil ini didapat sehabis KPU mendapatkan bunyi masuk sebesar 0,10646 persen atau sekitar 866 dari 813.350 total TPS yang ada di seluruh pelosok Indonesia.

4.

Update terbaru penghitungan real count di Situng KPU

Hasil Situng KPU Prabowo Jokowi

Pada pukul 11 siang tanggal 20 April 2019, penghitungan real count dari Situng KPU menunjukkan Jokowi mengungguli Prabowo dengan angka 54,89 persen dan Prabowo 45,11 persen. Angka ini diperoleh dari 37.810 TPS dari 813.350 jumlah total TPS, atau sekitar 4,64 persen.

Artikel Lainnya

Aksi saling kejar ini pun dipastikan akan masih terus berlanjut dalam real count versi Situng KPU sampai seluruh bunyi dari TPS masuk.

Penghitungan yang dilakukan resmi oleh KPU ini juga supaya sanggup menekan isu-isu kecurangan dan agresi saling klaim kemenangan secara prematur.

Namun, apapun akhirnya kita semua tetap harus rukun dan bersatu alasannya yakni pemilu harusnya menjadi ajang pemersatu dan menciptakan bangsa Indonesia menjadi lebih baik dimasa depan.