Wajib Dicermati, Ini Langkah Tata Cara Pemilu 2019 Biar Suaramu Tetap Sah!

Wajib Dicermati, Ini Langkah Tata Cara Pemilu 2019 Agar Suaramu Tetap Sah!

Tata Cara Pemilu 2019
Simulasi pemungutan bunyi yang dilakukan panitia pemilu di TPS 18 Pasar Dolok Sanggul, Sumatera Utara. | www.palapapos.co.id

Jangan lupa, Pemilu 17 April sebentar lagi lho…

Pemilu 2019 hanya tinggal menghitung hari saja, sempurna pada tanggal 17 April 2019 rakyat Indonesia akan merayakan pesta demokrasi terbesarnya.

Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih mempunyai pekerjaan rumah besar alasannya banyak orang yang masih belum mendapat sosialisasi tata cara pemilu yang benar. Padahal memahami prosedur tata cara pemilu dapat membantumu lancar ketika berada di kawasan emungutan bunyi (TPS).

Jadi, biar kau enggak menemukan kendala ketika pemilu besok. Yuk simak tata cara pemilu ini!

1.

Syarat pemilih dalam pemilu

Tata Cara Pemilu 2019
Situasi simulasi pemungutan bunyi di halaman gedung KPU, Jakarta Pusat. | www.jawapos.com

Tata cara pemilu pertama yang harus kau ketahui ialah syarat menjadi pemilih sah dalam pemilu. Hal ini sangat penting dan fundamental jelang pemilihan umum 17 April mendatang.

Beberapa syarat biar kau dapat mempunyai hak bunyi yang sah yaitu:

a. Berusia 17 tahun

b. Berkewarganegaraan Indonesia (WNI)

c. Sudah melaksanakan rekam KTP elektronik

d. Masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS domisili.

Jadi, pastikan kau sudah melengkapi semua syarat menjadi pemilih ini ya. Hal ini tentunya akan membuatmu dapat melanjutkan ke tata cara pemilu selanjutnya.

2.

Pastikah hak pilihmu aman

Tata Cara Pemilu 2019
Tampilan aplikasi KPU yang diunduh di smartphone. | nasional.republika.co.id

Setelah syarat pemilih kau lengkapi, tidak jarang akan ada beberapa persoalan yang muncul dalam tata cara pemilu. Salah satunya ialah hak bunyi yang bermasalah.

Nah, biar kau tidak mengalami persoalan di TPS kelak, kau harus memastikan hak pilihmu aman. KPU pun menunjukkan beberapa cara biar kau dapat memastikan hak pilihmu tidak bermasalah jelang Pemilu 17 April mendatang.

Salah satunya ialah dengan melaksanakan pengecekan di website Lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau melalui aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang dapat diunduh di smartphonemu.

3.

Menuju TPS

Tata Cara Pemilu 2019
Situasi di salah satu TPS di Sydney, Australia ketika melaksanakan pemungutan bunyi Pemilu 2019. | twitter.com

Tata cara pemilu selanjutnya ialah ketika kau mulai memasuki TPS. Ada beberapa hal yang harus kau perhatikan biar kau dapat diterima oleh panitia penyelenggara.

Pertama kau harus membawa e-KTP yang kau miliki menuju kawasan registrasi di TPS. Jangan lupa untuk menyertakan seruan pemilu atau surat pindah domisili ketika melaksanakan pendaftaran.

Selanjutnya, kau tinggal menunggu antrian untuk dipanggil oleh panitia penyelenggara pemilu setempat. Jadi, jangan lupa sama tata cara pemilu pada tahapan ini ya.

4.

Masuki bilik suara

Tata Cara Pemilu 2019
Simulasi ketika melaksanakan pengecekan surat bunyi dan pencoblosan dalam bilik bunyi oleh KPU RI. | www.medcom.id

Saat namamu sudah dipanggil, maka kau sudah masuk dalam tata cara pemilu selanjutnya yaitu diberi surat bunyi dan melaksanakan pencoblosan.

Pencoblosan akan dilakukan di dalam bilik bunyi yang nantinya kau tidak diperkenankan membawa rokok ataupun alat coblos selain yang sudah disediakan oleh panitia.

Kamu juga harus jeli dalam melaksanakan pencoblosan ibarat mencoblos sesuai area dan hukum yang sudah dijelaskan panitia pemilu biar suaramu menjadi sah.

Ada beberapa cara untuk mencoblos yang benar, salah satunya ialah mencoblos sempurna di gambar paslon, partai, atau nama calon legislatif yang kau dukung.

Jika kau mencoblos di luar area yang sudah disediakan dalam surat bunyi maka suaramu dapat terancam. Jadi, berhati-hati ya.

5.

Amati jalannya proses pemilihan

Tata Cara Pemilu 2019
Situasi simulasi pemilu 2019 yang dilakukan KPU di Kabupaten Bogor. | pemilu.antaranews.com

Tata cara pemilu terakhir yang sebaiknya kau lakukan ialah mengawal jalannya proses pemilihan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kecurangan yang mungkin saja terjadi.

Kepedulianmu ini terperinci akan sangat membantu terciptanya tata cara pemilu yang jujur, adil, dan transparan sehingga Indonesia dapat semakin baik ke depan.

Proses pemungutan bunyi sendiri biasanya berlangsung dari pagi sampai siang pukul 13.00 WIB bagi para pemilih yang sudah terdaftar di TPS.

Artikel Lainnya

Tata cara pemilu memang cukup sederhana, namun kau harus mencermatinya biar tidak kehilangan bunyi dan mempunyai andil membuat demokrasi yang baik di Indonesia.

Jadi, sudah siap memakai hak pilihmu pada pemilu 17 April mendatang?