Wajib Tahu! Upah Minimum Regional (Umr) Dki Jakarta 2019

Wajib Tahu! Upah Minimum Regional (UMR) DKI Jakarta 2019

UMR DKI Jakarta 2019
UMR DKI Jakarta 2019 | spn.or.id

Informasi terbaru UMR Jakarta 2019

Besaran Upah Minimum Regional atau UMR DKI Jakarta menjadi gosip penting yang patut diketahui khususnya bagi fresh graduate atau para pencari kerja di ibukota. UMR menjadi contoh bagi para pencari kerja untuk mendapat honor layak sesuai standar.

Hal ini untuk menghindari seorang fresh graduate atau pekerja diupah di bawah standar. Selain itu besaran UMR juga menghipnotis tingkat konsumsi masyarakat yang pada jadinya menggerakkan roda perekonomian kota/kabupaten.

A. Perbedaan UMR dengan UMP atau UMK

UMR DKI Jakarta 2019
Perbedaan UMR dengan dengan UMP atau UMK | banten.co

Kamu harus tahu kalau UMR merupakan upah bulanan terendah yang mencakup upah pokok dan tunjangan tetap dan berlaku di satu provinsi atau kota/kabupaten. Istilah UMR ini berasal dari Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor Per-01/Men/1999.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja menyebut kalau honor UMR terbagi dalam dua tingkat. Pertama, Upah Minimum Regional Tingkat 1 atau UMR Tk. 1 yang berlaku di satu provinsi. Kedua, Upah Minimum Regional Tingkat 2 atau UMR Tk. 2 yang berlaku di satu kabupaten atau kota.

Namun kau harus tahu kalau istilah UMR kini udah gak berlaku lagi dan istilah tersebut diganti menjadi upah minimum. Tapi untuk pembahasan tentang UMR 2019 ini, istilah UMR kadang masih digunakan, termasuk dalam keseharian.

Seperti UMR Tk. 1 diganti istilahnya menjadi Upah Minimum Provinsi (UMP) dan UMR Tk. 2 menjadi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). 

Perubahan istilah UMR menjadi upah minimum tertulis dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Kep-226/Men/2000.

Dalam peraturan itu Upah Minimum Provinsi (UMP) merupakan upah minimum yang berlaku di seluruh kabupaten/kota dalam satu provinsi.

Baca juga: Pelajaran Penting dari Orang Kaya Sebelum Kamu Memutuskan Untuk Beli Kendaraan Secara Kredit.

B. Upah Minimum Regional DKI Jakarta 2019

umr 2019
UMP DKI Jakarta 2019 | www.inews.id

Gubernur Anies Baswedan telah memutuskan besaran UMR DKI Jakarta sebesar Rp3.940.973. Jumlah ini naik 8.03% dari UMR tahun 2018 sebesar Rp3.830.436.

UMR Jakarta 2019 tercantum pada Peraturan Gubernur nomor 114 tahun 2018, dan mulai berlaku terhitung tanggal 1 Januari 2019.

Sebagai ibukota negara, UMR Jakarta 2019 merupakan yang tertinggi dibandingkan provinsi lain. Tapi honor UMR Jakarta masih lebih rendah kalau dibandingkan dengan UMK Kota Bekasi sebesar Rp4.229.756 dan UMK Kabupaten Karawang yang sebesar Rp4.234.010.

UMK merupakan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), upah minimum yang berlaku di suatu wilayah kabupaten/kota. Perbedaan UMP dan UMK tampak dari besaran honor yang ditetapkan. Sesuai hukum nilai UMK harus lebih besar dari UMP dan besaran ini diputuskan gubernur.

Baca juga: Menanyakan Tingkat Kepuasan Gaji Karyawan, HRD Perusahaan Ramai-Ramai Dibully Karena Melakukan Pemaksaan.

C. Kapan upah minimum ditetapkan?

upah minimum regional
Kapan upah minimum ditetapkan? | www.dimensinews.co.id

Upah Minimum Regional (UMR) Tk.1 yang lazim disebut UMP ditetapkan kepala tempat atau gubernur selambat-lambatnya 60 hari sebelum waktu berlakunya upah minimum. Hal ini tercantum dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Sementara penetapan UMR Tk. 2 yang bermetamorfosis UMK diputuskan kepala tempat atau gubernur selambat-lambatnya 40 hari sebelum waktu berlakunya upah minimum.

Menurut peraturan peninjauan besaran UMR dilakukan setahun sekali. Gubernur harus mempertimbangkan ajuan dari Komisi Penelitian Pengupahan dan Jaminan Sosial Dewan Ketenagakerjaan Daerah.

Komisi Penelitian Pengupahan dan Jaminan Sosial Dewan Ketenagakerjaan Daerah memberikan ajuan dengan mempertimbangkan banyak sekali masukan dari pihak-pihak yang dipandang perlu.

Baca juga: Benarkah Gaji Rendah Pejabat Picu Korupsi? Ternyata Segini Gaji Para Koruptor di Indonesia!

D. Daftar UMP DKI Jakarta dan provinsi-pronvinsi lainnya pada tahun 2019

UMR DKI Jakarta telah ditetapkan besarannya semenjak simpulan tahun 2018 yang lalu. Penetapan besaran honor UMR Jakarta tersebut diketahui dari terbitnya keputusan atau peraturan gubernur di tiap-tiap provinsi. Besaran UMR 2019 di tiap-tiap provinsi di Indonesia dapat kau lihat lewat gambar di bawah.

umr dki jakarta
Daftar UMP DKI Jakarta dan provinsi-pronvinsi lainnya | finance.detik.com

Baca juga: Heboh Lulusan UI Tolak Gaji 8 Juta, Fahri Hamzah: Emang Gajinya Lebih Tinggi.

E. Besaran UMK Tangerang, Bekasi, Cikarang, hingga Bogor

UMR Jakarta 2019 kerap dibandingkan dengan besaran UMK Tangerang, Bekasi, Cikarang, dan Bogor yang menjadi tempat banyak industri berdiri. Besaran UMR 2019 Tangerang, Bekasi, Cikarang, hingga Bogor dapat kau lihat pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Tutorial Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Komplit Anti Rumit!

umr jakarta 2019
UMK Jabodetabek | www.validnews.id

F. Sanksi dukungan upah yang tidak sesuai UMR

umr dki
Sanksi dukungan upah yang tidak sesuai UMR | mamikos.com

Ketika menteri telah menciptakan peraturan dan gubernur sudah menyetujui kenaikan upah yang sesuai rekomendasi dari Dewan Pengupahan Daerah, pihak pengusaha atau pemilik perusahaan wajib untuk melaksanakan kode itu.

Jika tidak melaksanakan sesuai dengan Undang-undang No.13 tahun 2003 perihal ketenagakerjaan, pengusaha yang tidak membayarakan upah sesuai ketentuan UMR termasuk dalam tindakan kejahatan dengan bahaya hukuman penjara 1-4 tahun. Dendanya pun tidak main-main, minimal Rp 100.000.000 dan maksimal Rp 400.000.000. Hal ini berlaku untuk setiap tempat termasuk gaji UMR Jakarta.

Artikel Lainnya

Bagaimana, sudah tahu kan gaji/upah minimum regional atau UMR Jakarta 2019 (UMR)? UMR DKI Jakarta dan tempat lainnya dapat menjadi patokan bagi para fresh graduate yang gres pertama kali bekerja di perusahaan. Semoga info UMR Jakarta 2019 di atas dapat menjadi pertimbangan.