Wisata Kalimantan Timur Yang Bakal Booming Sesudah Jadi Ibukota Indonesia Yang Baru

Wisata Kalimantan Timur yang Bakal Booming Setelah Kaprikornus Ibukota Indonesia yang Baru

Wisata Kalimantan Timur
Wisata Menarik di Kalimantan Timur | ksmtour.com

Bukan gedung bertingkat, wisata Kalimantan Timur ini juga tak kalah bagus dari Jakarta

Sesuai dengan rencana yang diusung Presiden dan pemerintah, pemindahan ibukota kesudahannya direalisasikan dalam waktu dekat. Kalimantan Timur disebut sebagai provinsi yang daerahnya jadi ibukota Indonesia yang baru. Untuk itu, nggak ada salahnya untuk cari tahu wacana tempat wisatanya juga.

Wisata Kalimantan Timur memang tidak semewah di Jakarta. Tidak dilengkapi dengan gedung tinggi ber-elevator, namun kaya akan keelokan alam yangnya. Keindahan alam tersebut akan memperlihatkan image gres wacana kota besar yang berbeda.

Wisata Kalimantan Timur yang wajib dieksplorasi segera

Untuk yang ingin tau apa saja destinasi di Kalimantan Timur, simak ulasan di bawah ini! Wisata Kalimantan Timur ini digadang-gadang bakal booming sesudah ibukota gres ini resmi beroperasi.

Wisata Kalimantan Timur
Taman Rekreasi Lembah Hijau | tempatwisatanegeri.blogspot.com

1. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau ini berlokasi di Kota Samarinda. Berdekatan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda, taman ini menjadi objek wisata alam yang menarik banyak minat pengunjung.

Bagaimana tidak, suasana taman yang mirip dengan replika hutan. Fasilitasnya dilengkapi dengan banyak pendopo, kolam pemancingan, camping area, kafetaria, serta sejumlah jenis kayu rotan yang menjadi ciri khas dari Kalimantan.

Di sini juga tersedia banyak wahana permainan yang menantang. Sebut saja jaring panjat, flying fox, dan waterboom. Sayang banget nih untuk dilewatkan!

Wisata Kalimantan Timur
Goa Losan | www.nusautarabanuaku.com

2. Goa Losan

Objek wisata unik ini hanya sanggup ditemukan di poros jalan lintas Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan. Lokasi tepatnya yakni berada di Kecamatan Muara Komam. Nama Goa Losan berasal dari Bahasa Paser yang artinya Goa Tembus.

Saat masuk ke Goa Losan, mungkin kau akan merasa mirip menyelam di perut bumi ala pemburu harta karun. Ada tembusan dari satu tempat ke tempat lain yang berupa serambi. Serambi itu terbilang luas. Ketika kau masuk ke dalamnya, hiasan watu yang aneh tapi indah bakal menyambutmu.

Penerangan di dalam goa hanya memakai obor atau senter. Di dalamnya terdapat sumber air dan deretan watu alam yang mengeluarkan bunyi ibarat alat musik kalau dipukul. Karena mempunyai nada, watu itu disebut sebagai watu bernada, sarang burung walet serta watu murni.

Baca juga: Destinasi Wisata di Borneo yang Nggak Kalah Indah dari Raja Ampat

Wisata Kalimantan Timur
Jantur Inar | jelajahikaltimkuy.blogspot.com

3. Jantur Inar

Jika ingin basah-basahan dan mencicipi kesejukan air, maka Jantur Inar ialah destinasi yang pas. Air terjun setinggi 30 meter ini mempunyai keindahan alami nan asri. Dengan lumut yang masih melekat di watu dan pepohonan, kau sanggup mencicipi sensasi bertualang di hutan.

Debit jeram ini terbilang besar. Jika mendatanginya, kau sanggup mendengarkan gemuruh air yang malah sanggup menenangkan pikiran. Di sini, kau juga bakal dibikin bersyukur dengan panorama alam ciptaan Tuhan yang sungguh indah.

Untuk yang suka merendam kaki di air sambil duduk di tepian air terjun, kesejukan tiada dua bakal dirasa. Selain merendamkan kaki, mandi dan berenang juga sanggup jadi opsi acara yang menyenangkan. Pepohonan rindang dengan serat bergelantungan bikin keasriannya beda dengan di Jawa.

Mau tahu poin apa menarik lainnya dari Jantur Inar? Saat bermain di bawah guyuran air terjunnya, badanmu akan terkena bayangan pelangi yang terpancar dari sana. Cocok untuk spot foto, nih!

Wisata Kalimantan Timur
Danau Labuan Cermin | www.indonesiakaya.com

4. Danau Labuan Cermin

Surga bawah bahari yang satu ini wajib kau datangi kala berkunjung ke Kabupaten Berau. Dengan air danau yang jernih, kau sanggup melihat keajaiban dari perbedaan jenis airnya.

Di cuilan atas danau ialah air tawar, sementara cuilan bawahnya ialah air asin. Itu sebabnya danau ini disebut dengan danau dua rasa. Keduanya tidak bercampur, melainkan dipisahkan oleh sebuah lapisan tipis yang terlihat mirip awan.

Karena airnya berbeda jenis, kehidupan organisme yang ada di sana juga tidak sama. Ada ikan air tawar yang hidup di permukaan dan ikan air bahari yang hidup di dasar. Unik, bukan? Di sana, kau juga sanggup menghabiskan waktu untuk snorkeling, berenang sampai naik perahu.

Kalau tidak bawa peralatan, jangan khawatir! Terdapat banyak penyewaan lengkap dari alat snorkling, pelampung dan kaki kataknya. Ini ialah starter pack yang bakal membuatmu bahagia ketika mampir ke wisata Kalimantan Timur ini.

Baca juga: Wisata Mangrove Paling Memukau di Tanah Air

Wisata Kalimantan Timur
Batu Dinding | www.merdeka.com

5. Batu Dinding

Batu Dinding merupakan tempat wisata yang memperlihatkan formasi watu kapur putih. Nggak berjajar biasa, kapurini menjulang tinggi kolam pagar Sungai Mahakam Ulu. Panjang dari dinding ini kurang lebih 800 meter dengan tinggi sekitar 200 meter.

Karena dinding batunya yang kokoh, tak heran kalau Batu Dinding kerap dijadikan spot untuk berswafoto. Di sana kau sanggup mengambil gambar dengan pemandangan alam dan hutan yang cantik.

Wisata Kalimantan Timur
Bukit Bingkirai | www.getborneo.com

6. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai ialah hutan hujan tropis alami yang dikelola PT Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI). Di daerah yang tidak jauh dari wisata Balikpapan tersebut, terdapat vegetasi anggrek hutan liar, pohon bangkirai dengan umur lebih dari 150 tahun serta buah-buahan tropis.

Di Bukit Bangkirai ini, kau tidak hanya akan melihat wisata Kalimantan Timur yang berupa hutan hujan tropis. Adrenalin dan keberanianmu akan diuji dengan cara menyeberangi jembatannya.

Jembatan ini bukanlah media menyeberang biasa. Spot ini jadi salah satu keistimewaan dari Bukit Bangkirai. Jembatan lain yang harus dilewati ialah Canopy Bridge atau jembatan gantung.

Para wisatawan yang tiba sanggup menikmati hawa sejuk dari hutan itu. Dengan hamparan pemandangan serba hijau, kedua mata dan hidungmu bakal terasa segar. Jauh dari polusi, tengoklah sejenak tempat wisata di ibukota gres ini sebagai destinasi baru.

Baca juga: Wisata Alam Liar Terbaik yang Menantang Sekaligus Elok

Wisata Kalimantan Timur
Liang Mangkulangit | pusatinfowisata26.blogspot.com

7. Liang Mangkulangit

Destinasi wisata ini mempunyai nama lain Goa Mengangkat Langit. Keindahan Liang Mangkulangit ialah terletak pada kemegahan dinding watu dan tebingnya. Terlebih lagi, daerah tersebut masih perawan. Area hutannya banyak dihuni satwa liar dan pohon tropis nan eksotis.

Lapisan lumut kehijauan jadi pemandangan yang lumrah di sana. Suara tetesan air yang jatuh mengenai bebatuan juga menjadi bunyi latar alaminya. Sebuah kesejukan yang hanya sanggup dirasakan di wisata Kalimantan Timur, ‘kan.

Untuk menuju wisata Kalimantan Timur ini, kau butuh waktu 5 jam dari Balikpapan. Kamu sanggup menyewa bahtera motor yang menuju ke hulu Sungai Liang ini berada. Waktu tempuhnya kira-kira hanya 10 menit. Terbilang dekat, ‘kan?

Wisata Kalimantan Timur
Pulau Derawan | www.hipwee.com

8. Pulau Derawan

Tak kalah manis dari Pulau Dewata, Pulau Derawan juga jadi destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi selama berada di Kalimantan Timur. Tempat wisata ini terdiri dari formasi kepulauan yang mempunyai banyak pesisir indah.

Bukan hanya pantai, destinasi wisata kepulauan lain yang ada di sana juga sangat memukau. Tidak heran kalau banyak yang menyampaikan kalau Pulau Derawan menjadi nirwana tersembunyi para petualang.

Kamu juga sanggup menginap di penginapan Pulau Derawan untuk menghabiskan waktu liburanmu. Bukan sekadar penginapan, sensasi bermalam di tengah pantainya yang higienis dan jernih bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca juga: Wisata Alam Liar Terbaik yang Menantang Sekaligus Elok

Wisata Kalimantan Timur
Samboja Lodge | www.getborneo.com

9. Samboja Lodge

Jika di Pulau Derawan kau sanggup menginap di atas laut, di Samboja Lodge kau akan ditawarkan untuk menginap di tengah hutan dengan bangunan khas suku Dayak. Destinasi yang searah dengan wisata Balikpapan yang satu ini merupakan area penginapan langsung yang ada di Kutai Kartanegara.

Desain kayu dengan tabrakan khas Suku Dayak, kau akan langsung mencicipi atmosfernya yang beda dai biasanya. Menghadap langsung ke hutan, kapan lagi kau sanggup menikmati liburan sejuk di tengah daerah rimba?

Wisata Kalimantan Timur
Pantai Melawai | www.pantainesia.com

10. Pantai Melawai

Salah satu wisata Balikpapan yang paling populer ialah Pantai Melawai. Pantai ini cocok juga untuk didatangi dikala honeymoon dengan pasangan tersayang! Nikmati makan malam pada momen romantis di Pantai Melawai.

Momen paling manis dari Pantai Melawai ialah dikala matahari telah terbenam. Horizon langit akan terpeta dengan terperinci tanpa terhalang bukit dan awan. Kamu sanggup melihat beberapa formasi pulau kecil yang berada di seberang pantai.

Pulau itu dinamakan Pulau Babi lantaran banyaknya Bulu Babi yang bertebaran di sana. Apabila air bahari tengah surut, para wisatawan sanggup langsung berjalan kaki ke tengah bahari dari bibir pantainya.

Artikel Lainnya

Walaupun tidak seramai Jakarta atau Jawa, Pulau Kalimantan tetap mempunyai kelebihan tersendiri yang menjadikannya layak dijadikan ibukota Indonesia yang baru. Sebagian kecil misalnya ialah wisata Kalimantan Timur di atas yang berpotensi menjadi populer beberapa waktu ke depan.